Jokowi Dirumorkan Dukung Ganjar di Pilpres 2024, Ketum Projo: Belum Tentu

ganjar-pranowo7.jpg
(Via suara.com)

RIAUONLINE, JAKARTA-Presiden Joko Widodo dirumorkan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024.

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi angkat bicara menanggapi rumor itu.

Budi mengatakan, hingga kini Jokowi belum memberikan arah dukungannya akan mendukung siapa di Pilpres 2024 mendatang.

"Belum dong belum dong (memberi arah dukungan). Kan ojo kesusu, makanya ojo kesusu jangan grasa grusu," kata Budi saat dihubungi Suara.com, Jumat (3/6/2022).

Menurutnya, kekinian Jokowi masih bersikap hati-hati dalam menentukan arah dukungan. Termasuk melakukan kalkulasi dalam menentukan sikap tersebut.

"Jangan grasa grusu harus hati-hati tenang perlu waktu lah untuk pengendapan kalkulasi dan sebagainya," ungkapnya.


Lebih lanjut, Budi menyampaikan, Ganjar sendiri belum tentu akan dipilih Jokowi untuk didukung di Pilpres 2024. Kekinian menurutnya, Ganjar baru menjadi salah satu preferensi saja.

"Iya pak Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah memperoleh simpati lah ada preferensi tetapi belum tentu dukungan jatuh ke pak Ganjar juga," tandasnya.


Kode Jokowi

Sebelumnya, Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Projo di Balai Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022). Turut hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara itu.

Dalam sambutannya, Jokowi menyinggung perihal kontestasi calon presiden menuju Pilpres 2024.

"Yang berkaitan dengan politik, karena kita fokus selesaikan masalah itu, maka ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini (di arena Rakernas)," kata Jokowi dikutip dari suara.com

Pernyataan Jokowi "yang kita dukung hadir di sini" ini dibaca Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya sebagai kode dukungan untuk Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024.

"Saya lebih melihat ini awal mula bahwa bahasa simbol yang kuat, katakanlah ini arah dukungan ke Pak Ganjar," kata Yunarto, Minggu (22/5/2022).

Dia menjelaskan Ganjar memiliki rating atau peringkat popularitas dan elektabilitas paling tinggi di antara figur-figur yang disebut dalam lembaga survei kredibel. Ganjar juga sering disebut sebagai penerus Jokowi sebagai Presiden periode 2024-2029.