Diakhiri Kumandangkan Adzan, Perjuangan Penuh Haru Ridwan Kamil Cari Eril

Ridwan-Kamil6.jpg
([Instagram @ataliapr])

 

RIAU ONLINE - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan keluarga akhirnya harus mengikhlaskan Emmeril Kahn Mumtadz yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Sosok yang akrab dengan panggilan Kang Emil itu bahkan meminta untuk melaksanakan salat gaib begitu ia dan keluarga tiba di Indonesia.

Perjuangan Kang Emil untuk menemukan sang putra sulung di Sungai Aare pun diliputi rasa haru, seperti dilansir dari Suara.com, Jumat, 3 Juni 2022.

1. Susuri Sungai Hingga Malam

Sebuah rekaman berdurasi 4 menit 38 detik baru-baru ini beredar, tentang kesaksian seseorang terkait Ridwan Kamil dan istri dalam pencarian putranya, Eril.

Di rekaman itu, terdengan suara perempuan yang mengabarkan kondisi Ridwan Kamil dan istri, Atalua Praratya dalam pencarian Eril.

Perempuan itu mengungkapkan, selama mendampingi Kang Emil dan Atalia, dirinya menyaksikan ketabahan dan keikhlasan dari keluarga menyikapi musibah tersebut.

Sebagai seorang ibu, menurutnya, Atalia sangat tawakal dan berserah dalam ikhtiar yang luar biasa secara fisik, mental serta doa. Atalia bahkan ikut menyusuri sungai seharian hingga gelap malam.

Kendati banyak pihak yang melempar sentimen negatif atas peristiwa itu, baik Kang Emil maupun istri tetap kompak dan tidak saling menyalahkan.


Perempuan itu menuturkan, Ridwan Kamil meminta rombongan berkumpul di depan halaman KBRI untuk menceritakan perasaan dan harapannya. Pada momen itu pula, Kang Emil memeluk sang istri dan anak perempuanya, Zara.

 

 

2. Pantau Pencarian Eril di Tepi Sungai

Akun Instagram @nyinyir_update_official pada Selasa (31/5/2022) memperlihat video Ridwan Kamil mencari sang anak yang sudah hampir sepekan masih belum ditemukan.

Kang Emil dalam video itu memang tidak langsung terjun ke sungai untuk ikut mengevakuasi, namun ia turut memantau tim yang mencari anaknya dari pinggir sungai.

Meski tak menampakkan wajahnya, video Ridwan Kamil yang direkam diam-diam dari berlang itu membuat banyak warganet turut prihatin.

Bahkan, tanpa dijelaskan dengan kata-kata, semuanya menunjukkan jika Ridwan Kamil masih berharap anaknya bisa ditemukan dalam keadaan selamat dari Sungai Aare.

3. Susuri Sungai Dekat Tebing Menggunakan Kayu

Sebuah video berdurasi 30 detik yang diunggah oleh akun Twitter @Sobat_RK pada Kamis (2/6/2022), memperlihatkan Ridwan Kamil menyusuri area sungai dekat tebing menggunakan kayu.

Momen tersebut memicu perasaan sedih dari para warganet yang ikut mengomentari unggahan itu. Mereka seolah mengerti bagaimana perasaan Kang Emil ditinggal oleh anak sulung yang bahkan pergi tanpa pamit.

4. Lantunkan Adzan untuk Sang Putra

Sebelum kembali ke Indonesia, Ridwan Kamil tertangkap kamera tengah mengumandangkan adzan di tepi sungai Aare untuk Eril. Momen itu diunggah akun Instagram @video_medsos pada Jumat (03/06/2022).

Dalam video tersebut, Ridwan Kamil terlihat turun ke tangga tepat menuju ke tepian sungai. Gubernur Jawa Barat itu berdiri menghadap ke arah sungai seraya membawa tangan kanannya ke telinga dan melantukan adzan.