Siapkan Monetisasi Baru, Arkadia Digital Media Luncurkan Platform Video Clickmov

Sewindu-Suara.com.jpg
(suara.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Peluang monetisasi konten video bagi konten kreator maupun publisher bertambah. PT Arkadia Digital Media Tbk meluncurkan platform video Clickmov.com untuk membantu para pembuat video menyebarluaskan informasi sekaligus mendapat manfaat seperti monetisasi.

Peluncuran berbarengan dengan perayaan HUT Sewindu Suara.com, 11 Maret 2022 malam secara hybrid di kantor Suara.com, kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Sebelum peluncuran, acara dimulai dengan kegiatan workshop dengan topik Tips Kreatif Membuat Konten Video Hingga Mendapatkan Penghasilan Ciamik dengan narasumber Lexy Rambadetta, sutradara video dokumenter dan pemilik Jakartanicus.

Platform video Clickmov tidak saja menyajikan konten-konten video produksi sejumlah media di bawah grup Arkadia Digital Media, tetapi juga menampung dan menyajikan konten-konten buatan pengguna dari publik, juga publisher media lokal, media partners maupun konten kreator khusus video.

"Kehadiran Clickmov akan melengkapi platform video lain. Perbedaan Clickmov dengan platform lain adalah, konten yang tayang terkurasi oleh team, monetisasi berbeda dan menggunakan player berbeda, sehingga tidak akan berbenturan dengan platform yang sudah ada seperti Youtube, Facebook video, Tiktok maupun platform video lain. Ini akan menambah peluang penyebaran hingga monetisasi," kata Direktur PT Arkadia Digital Media Tbk Suwarjono.

Suwarjono dalam sambutan peluncuran sekaligus perayaan HUT 8 Suara.com mengatakan, kehadiran Clickmov melengkapi platform yang dimiliki PT Arkadia Digital Media Tbk. Tahun lalu perusahaan induk Suara.com ini meluncurkan Yoursay.id, platform konten buatan pengguna yang memungkinkan para konten kreator menayangkan karya-karya mereka.

Pertumbuhan Yoursay sangat pesat, setahun setelah peluncuran mempunyai jumlah anggota 56 ribu, yang sebagian besar konten kreator. Jumlah konten yang dipublish mencapai ratusan setiap hari dengan trafik 40 juta per bulan.


Sebelumnya, Arkadia juga sudah meluncurkan platform Iklandisini.com, layanan pemasangan iklan secara mandiri. Masyarakat bisa memasang iklan ke media-media terpilih dengan harga terjangkau dan layanan laporan paska pemasangan iklan memuaskan.

Platform lain, Serbada.com, sebuah platform news-commerce. Kelebihan platform ini menggabungkan news dan e-commerce yang memberikan ulasan hingga akusisi atas produk-produk berkualitas.

Ditambahkan Suwarjono, konten video adalah salah satu konten unggulan di masa depan sehingga media publisher harus mencari cara untuk mengembangkan. "Kami mengajak publik, para konten kreator, maupun sejumlah media partners untuk bergabung, namun dengan kurasi tim redaksi. Ini penting untuk menjaga kualitas tayangan," kata Jono.

Ke depan, Clickmov tidak hanya menayangkan karya pengguna, namun juga akan memberi pelatihan untuk meningkatkan keterampilan. "Kami sudah merencakan memberikan training ke para konten kreator maupun komunitas, baik secara online maupun offline di wilayah mereka sehingga bisa langsung dipraktikkan. Kami juga akan terus melakukan pendampingan kepada para partners nantinya," jelas Suwarjono.

Selain peluncuran platform video Clickmov, di rangkaian perayaan HUT Sewindu Suara juga berlangsung talkshow 1001 Siasat Bisnis Media Lokal dengan pembicara CEO Beritajatim.com, Lucky Lokononto, Direktur Konten dan Bisnis Solopos Media Grup, Suwarmin dan Chief Media Networks PT Promedia Rahim Asik.

Juga ada talkshow Tips Investasi Aman di Era Digital bersama Head of Div Wealth Management BNI, Henny Eugenia, Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam L Tobing dan Dosen sekaligus Financial Content Creator Doddy Prayogo.

"Saya kira ini perjuangan yang luar biasa, karena 8 tahun ini, kita mengalami perubahan landscape media yang juga luar biasa. Kalau kita tidak bekerja keras di perubahan landscape media ini, apalagi dengan adanya disrupsi digital ini, kalau kita tidak banyak inovasi, saya kira kita akan ketinggalan," ujar Suwarjono.

Sementara itu, di kesempatan berbeda pada acara yang sama di puncak perayaan HUT ini, Komisaris Utama PT Arkadia Digital Media Tbk, Stephen K Sulistyo, mengaku bersyukur Suara.com kini sudah berada di usia 8 tahun, khususnya dengan performa dan catatan rating yang sangat memuaskan, baik secara kinerja trafik maupun pendapatan.

"Saya yakin Suara.com akan tetap bekerja dengan standar-standar pemberitaan yang tinggi. Harapan saya seperti itu, dan saya ucapkan terima kasih atas capaian sejauh ini. Doa saya dan kita semua, semoga Suara.com selalu dapat berkembang dan menjadi salah satu yang terdepan hingga berpuluh tahun ke depan," katanya.