Ngak Pakai Nipu, 10 Orang Kaya Beneran tanpa Embel-embel Crazy Rich

Budi-Hartono2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Sosok Crazy Rich Indonesia kini sedang jadi sorotan karena Indra Kenz yang dapat julukan Crazy Rich Medan ditetapkan sebagai tersangka kasus binary option. Terbaru, Doni Salmanan yang disebut-sebut sebagai Crazy Rich Bandung juga diamankan Bareskrim Polri karena kasus serupa.

Beda dari sosok crazy rich tersebut, ada sederet orang terkaya di Indonesia yang punya jumlah kekayaan seakan tak pernah habis. Sosok konglomerat Indonesia ini punya bisnis dengan skala besar dan merambah ke berbagai sektor.

Dibahas dalam majalah Forbes 2022, intip daftar orang terkaya di Indonesia tanpa embel-embel crazy rich.

1. Budi dan Michael Hartono

Budi Hartanto dan Michael Hartono adalah kakak beradik yang sudah jadi langganan di daftar orang terkaya di Indonesia. Jumlah kekayaan dari pemilik saham mayoritas PT Bank Central Asia Tbk dan Djarum ini mencapai USD 2,6 miliar atau Rp 612,25 triliun.

2. Keluarga Widjaja

Di urutan kedua ada keluarga Eka Tjipta Widjaja yang merupakan pemilik Sinar Mas Group dan telah merambah di berbagai sektor bisnis seperti agribisnis, properti sampai jasa keuangan. Keluarga Widjaja punya jumlah kekayaan mencapai USD 9,7 miliar atau Rp 139,4 triliun.

 

3. Anthoni Salim

Selanjutnya ada Anthoni Salim, pemilik dari Salim Group yang menaungi perusahaan-perusahaan besar sepeti PT Indofood Sukses Makmur dan PT Bogasari Flour Mills. Tercatat jumlah kekayaan Anthoni Salim mencapai USD8,5 miliar atau Rp122,16 triliun.


4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia yang hijrah dari India ke Indonesia ini adalah pemilik dari Indorama Corp, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan kimia. Total dari kekayaan Sri Pakash Lohia mencapai USD6,2 miliar atau setara dengan Rp89,1 triliun.

5. Prajogo Pangestu

Di urutan kelima ada Prajogo Pangestu yang merupakan pemilik saham mayoritas perusahaan energi dan petrokimia PT Barito Pacific Tbk. (BRPT). Tercatat jumlah kekayaan Prajogo Pangestu mencapai angka USD 6,1 miliar atau setara dengan Rp87,67 triliun.


6. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung yang dapat julukan "anak singkong" ini adalah pemilik dari CT Corp, sebuah korporasi raksasa yang menaungi berbagai unit bisnis seperti PT Trans Media Corp, PT Mega Corpora dan masih banyak lagi. Papa Putri Tanjung ini punya kekayaan mencapai USD 5,5 miliar atau setara dengan Rp79,04 triliun.

7. Susilo Wonowidjojo

Berikutnya ada Susilo Wonowidjojo yang merupakan pemegang perusahaan rokok terbesar di Indonesia yakni Gudang Garam. Kekayaannya tercatat mencapai USD4,8 miliar atau setara dengan Rp68,98 triliun.

8. Boenjamin Setiawan

Daftar Orang Terkaya di Indonesia Tanpa Embel-Embel Crazy Rich (Internet)

Daftar Orang Terkaya di Indonesia Tanpa Embel-Embel Crazy Rich (Internet)

Peringkat 8 daftar orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Boenjamin Setiawan, pendiri perusahaan farmasi terbesar di Indonesia yakni PT Kalbe Farma. Pria yang akrab disapa Dr. Boen ini memiliki total kekayaan senilai USD4,2 miliar atau setara dengan Rp60,36 triliun.

9. Jogi Hendra Atmadja

Jogi Hendra Atmadja adalah pemilik perusahaan makanan dan minuman, Mayora. Total kekayaannya mencapai USD 4,1 miliar atau setara dengan Rp58,8 triliun.

10. Bachtiar Karim
Posisi kesepuluh orang terkaya di Indonesia ditempati oleh Bachtiar Karim yang merupakan seorang pengusaha minyak sawit. Ia tercatat memiliki kekayaan senilai USD3,5 miliar atau setara dengan Rp50,3 triliun dikutip dari suara.com

Itulah 10 daftar orang terkaya di Indonesia tanpa embel-embel Crazy Rich. Tentunya kekayaan mereka bukan kaleng-kaleng karena didapat dari kerja keras selama bertahun-tahun.