Jokowi Minta Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Segera Dimulai

Jokowi12.jpg
((Sumber: Foto: BPMI Setpres/Lukas))

RIAUONLINE, PEKANBARU-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto dalam keterangan persnya mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi banyak arahan terkait Covid-19.

Salah satunya, dari hasil pantaun RIAUONLINE.CO.ID di website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, yakni vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun segera dimulai.

 

"Bapak Presiden meminta vaksinasi anak 6-11 tahun untuk segera dimulai," katanya dari hasil pantaun RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 9 Desember 2021.

 

 

Pasalnya, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO meminta negara-negara di dunia untuk memperbanyak sampel genome sequencing, mempersiapkan respons fasilitas kesehatan, melakukan pembatasan kegiatan masyarakat, dan menyegerakan vaksin untuk masyarakat rentan. 

 

Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran varian baru Omicron yang saat ini sudah terdeteksi di sekitar 45 negara.

 


Anak-anak termasuk kelompok usia yang banyak terkena varian ini. Oleh karena itu, pemerintah mendorong percepatan vaksinasi bagi kelompok usia tersebut.

 

Lebih lanjut, Airlangga juga mengatakan,  pemerintah juga tengah menyiapkan skema untuk pelaksanaan vaksinasi booster yang direncanakan akan dilakukan di tahun mendatang. Pelaksanaan ini akan diatur melalui peraturan menteri kesehatan (permenkes).

 

 

 

 

“Bapak Presiden juga meminta agar kegiatan booster vaksinasi sudah dipersiapkan untuk di bulan Januari. Jadi kami sedang akan memfinalkan terkait dengan vaksin berbasis PBI (penerima bantuan iuran) dan juga vaksin non PBI. Ini yang akan diatur dalam Permenkes dalam waktu yang tidak terlalu lama,” pungkasnya.