Mengulik Arah Industri Digital di Tengah Pandemi, AMSI Gelar IDC 2020

AMSI5.jpg
(AMSI)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kembali menggelar Indonesian Digital Conference (IDC) 2020. Acara yang akan berlangsung selama dua hari menghadirkan sejumlah ahli yang berkompeten bidang ekonomi, transformasi dan inovasi digital.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

“IDC merupakan sumbangsih AMSI untuk bicara seperti apa arah industri digital ke depan dari para ahlinya,” ujar Kak Wens.

Tahun 2019, pada Kamis 28 November, AMSI telah sukses menggelar IDC dengan mengundang para pengusaha, banker, start up, pemerintah, media dan masyarakat yang memiliki perhatian terhadap perkembangan bisnis dan dunia digital di Indonesia. Kegiatan berlangsung di Ballroom Djakarta Theater Jakarta Pusat.

Menurut Wens, IDC tahun 2020 memiliki format yang berbeda dengan tahun lalu. Salah satunya, karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih dihadapi Indonesia dan dunia. Para ahli yang akan mengisi setiap sesi dapat menyajikan materi secara online.

“Seperti tahun lalu, kami membuka kerja sama dengan perguruan tinggi,” kata Wens yang juga Chief Content Officer (CCO) Kapanlagi Youniverse (KLY).


Ketua Panitia IDC 2020 Anthony Wonsono mengatakan kegiatan ini akan berlangsung pada Selasa 15 Desember dan Rabu 16 Desember. Meski menghadapi pandemi Covid-19, ekosistem digital terus bertumbuh.

Untuk perkembangan ekonomi digital di Tanah Air dari waktu ke waktu, kata Anthony, akan menghadirkan nara sumber dari perspektif pemerintah dan perbankan.

“Sejumlah sektor juga melakukan transformasi dan inovasi yang beragam. Dalam sesi ini, pembicara akan membagikan wawasan dan pengalaman terkait inovasi yang sudah dilakukan di industrinya masing-masing,” kata Anthony yang juga Direktur Berita Satu Holdings.

Sejumlah BUMN dan korporasi akan berbagai pengalaman dan perubahan model bisnis yang diusung dalam transformasi digital.

Selain itu, IDC tahun ini akan menghadirkan inisiatif digitalisasi yang telah dilakukan sejumlah kepala daerah dalam mempromosikan dan memperkuat daya saing daerah.

“Inovasi-inovasi tersebut dilakukan antara lain melalui efisiensi birokrasi, promosi potensi daerah, hingga pemanfaatan teknologi tepat guna untuk sentra-sentra produksi, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sebagai organisasi perusahaan pers yang bergerak dalam digitalisasi media, AMSI menghadirkan sejumlah pemimpin media untuk berbagi pengalaman untuk menjaga keberlanjutan media.

IDC merupakan acara tahunan AMSI. Kegiatan ini sebagai wadah berkumpulnya para pemimpin bisnis, pembuat kebijakan, pelaku usaha, dan profesional untuk memotret perkembangan terkini dan masa depan Indonesia dari lensa digital.

IDC AMSI 2020 mendapat dukungan sponsor dari Telkomsel, Bank BNI 46, PLN, BTN, Bank Mandiri, Astra, Gojek, Pertamina dan Astra Honda Motor.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi, Anthony Wonsono (Ketua Panitia), HP: +62 816 703 155‬, Ismoko Widjaya, HP: +62 812 9179 0609, Verrianto Madjowa, HP: +62 812 9931 9030, Hesti, HP: +62 878 8883 9543.