Hanya 4 Orang di Indonesia yang Tahu Operasi Senyap Penangkapan Djoko Tjandra

Djoko-Tjandra-ditangkap3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Polisi sukses menangkap Djoko Tjandra dari tempat persembunyiannya di Malaysia.

Ternyata ada cerita menarik di balik operasoi penyergapan tersebut.

Operasi penangkapan Djoko Tjandra ternyata merupakan operasi senyap yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Hanya empat pihak yang mengetahui operasi ini.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolkam) Mahfud MD dalam wawancara dengan Kompas TV di Program Breaking News, Kamis 30 Juli 2020 malam.

"Yang tahu pada saat itu, menurut Kabareskrim, hanya Kapolri, Presiden dan Menkopolhukam," kata Mahfud.

Dipaparkan Mahfud, operasi tersebut merupakan pergerakan dari kepolisian, khususnya Bareskrim Mabes Polri pimpinan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Semua berawal ketika Mahfud berencana menggelar rapat lintas kementerian penegak hukum pada Senin 20 Juli 2020 lalu. Rapat tersebut terkait rencana penangkapan buronan 11 tahun Djoko Tjandra.

Siang hari sebelum rapat akan digelar pada sore hari, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menghadap dan mengungkapkan rencana Bareskrim yang telah memiliki skenario penangkapan Djoko Tjandra.

"Siangnya sekitar 11.30 Kabareskirm datang ke kantor saya melapor. Polisi siap melakukan langkah-langkah dan sudah punya skenario yang harus dirahasiakan."

Para pihak yang mengetahui rencana Bareskrim, selain Kabareskrim adalah Kapolri Jenderal Idham Azis, Presiden Joko Widodo, dan tentunya Menkopolhukam yang baru dilaporkan.

"Dan malam itu juga Bareskrim berangkat ke malaysia," ungkap Mahfud.

Selain memberi tahu para pihak yang mengetahui operasi ini, Kabareskrim juga memberi tahu skenario yang akan dilakukan timnya.

Mahfud menyakini skenario yang telah disusun Bareskrim akan berhasil. Selanjutnya Mahfud mengakui lebih banyak diam dan menghindar dari kejaran media yang terus mempertanyakan penangkapan buronan BLBI.

"Karena menurut saya tinggal menunggu waktu, dan waktu itu sudah tiba malam ini," ucapnya.

Artikel ini sudah tebrit di Kompas.tv