Petinggi PKS Ini Dicopot dari Jabatannya karena Dukung Gibran di Pilkada Solo

Didik-Hermawan.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, SOLO-Didik Hermawan harus merelakan jabatannya sebagai Sekretaris Fraksi PKS di DPRD Solo.

Dia dicopot karena aksinya menggunakan baju khas pendukung Gibran Rakabuming Raka dan menyatakan mendukung putra sulung Jokowi tersebut.

Aksi itu dia lakukan dalam Rapat Paripurna II di Gedung DPRD Solo, Jawa Tengah, Rabu 29 Juli 2020.

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo, Jawa Tengah, pun memberi sanksi keras kepada kadernya  tersebut.

Mantan Sekretaris Fraksi PKS di DPRD Solo itu karena memakai baju khas pendukung calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka,

Pencopotan Didik dari jabatan Sekretaris Fraksi PKS disaksikan Ketua Fraksi PKS Solo, Asih Sunjoto Putro, Ketua Bappilu DPD PKS, Sugeng Riyanto dan Ketua DPD PKS Abdul Ghofar Ismail.

"Menyikapi kejadian itu kami dari fraksi telah memanggil saudara Didik. Fraksi PKS DPRD Solo mencabut status Didik sebagai Sekretaris Fraksi PKS DPRD Solo," kata Asih kepada wartawan di Gedung DPRD Solo, Jawa Tengah, Kamis 30 Juli 2020 sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Di samping itu, Didik tidak dijadikan sebagai juru bicara (jubir) fraksi PKS DPRD Solo selama satu tahun.

Dalam forum resmi kedewanan, Didik juga dilarang memakai pakaian yang dikenakan pada saat rapat paripurna, Rabu 29 Juli 2020.

"Ini yang menjadi keputusan rapat fraksi tadi. Setelah kita mendengarkan kronologis yang disampaikan saudara Didik," ungkap Asih.

Hingga saat ini, hanya PKS partai yang tidak memberikan dukungannya untuk Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo.

Artikel ini sudah terbit di Kompas TV