Netizen Galau karena Situs Berbagai Video, Yotube, Down

Ilustrasi-Youtube.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Netizen galau Youtube down. Situs berbagi video YouTube sempat mengalami gangguan yang membuat para pengguna tidak bisa mengaksesnya pada Jumat 15 Mri 2020 subuh. Namun, layanan sudah kembali normal sekitar pukul 06.40 WIB. 

Saat tumbang, layanan YouTube di situs web maupun aplikasi tidak menampilkan deretan video terkini atau yang direkomendasi. Situs masih bisa dibuka, namun hanya menampilkan halaman bertuliskan "Sorry, something went wrong Try reloading the page. We're working hard to fix YouTube for you as soon as possible".


Situs pemantau aktivitas layanan internet, DownDetector, mencatat memang ada masalah dengan layanan berbagai video milik Google itu. DownDetector melaporkan gangguan YouTube terjadi di sejumlah negara, seperti Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Amerika Serikat, Malaysia, dan Indonesia.


Lini masa atau timeline media sosial Twitter pun kemudian ramai dengan keluh kesah para netizen yang melaporkan layanan YouTube tumbang. Bahkan tagar #YouTubeDOWN menduduki peringkat satu trending topik Twitter Indonesia. Sampai pukul 06.45 WIB sudah ada sekitar 20 ribu kicauan dengan #YouTubeDOWN. 

Hingga kini perwakilan Google maupun YouTube belum memberi keterangan atas tumbangnya layanan streaming video terbesar ini. 
Kejadian YouTube tumbang juga pernah terjadi pada tahun 2018 lalu. Itu terjadi selama kurang lebih satu jam. Baik Google maupun YouTube bungkam soal penyebab tumbangnya platform streaming video tersebut.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com