Kemensos Santuni Keluarga Korban Meninggal Akibat Corona Rp15 Juta

Waspada-corona.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE - Kementerian Sosial RI memberikan santunan kematian Rp 15 juta per orang pada ahli waris yang meninggal karena Covid-19. Wabah virus corona atau Covid-19 telah membuat sejumlah orang meninggal. Hingga Senin, (23/3/2020) 49 orang tercatat telah meregang nyawa akibat virus tersebut.

"Untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan, Kementerian Sosial memberikan santunan kematian kepada ahli waris sebesar Rp 15 juta per orang yang meninggal, sebagai bentuk perhatian dan bela sungkawa dari negara," uja Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos, Drs. Asep Sasa Purnama di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (24/3/2020).

Untuk mempercepat penyaluran, pemerintah juga tengah melakukan pendataan siapa saja ahli waris dari korban meninggal karena Covid-19. Kini hal itu telah mencapai proses verifikasi.

"Saat ini sedang dilakukan verifikasi terhadap ahli waris yang keluarganya meninggal dunia karena Covid-19," kata Drs. Asep.

Tidak hanya itu, fokus Kemensos juga adalah mereka yang merupakan keluarga miskin akan sangat terdampak dengan berbagai kebijakan pembatasan kegiatan di DKI Jakarta dan daerah terdampak. Berdasarkan data, ada sebanyak 15,2 juta keluarga miskin dan rentan, sehingga pemberian bantuan dana sembako akan ditambahkan.

"Dari semula Januari hingga Februari Rp 150 ribu per KK (kepala keluarga), ditingkatkan jadi Rp 200 ribu dari Maret sampai Agustus 2020," jelas Drs. Asep.

Mengingat dampak Covid-19 ini sudah mulai terdampak sejak pertengahan Maret 2020 bagi keluarga miskin dan rentan. Sehingga jatah sembako yang diterima untuk bulan April, sudah diberikan pada pertengahan Maret 2020.

Sekedar informasi, data terakhir Covid-19 di Indonesia sudah menginfeksi sebanyak 579 orang. 49 di antaranya meninggal dunia, dan 30 orang sudah dinyatakan menjadi negatif atau sembuh dari virus corona.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Keluarga Korban Meninggal Akibat Covid-19 Bakal Dapat Santunan Rp 15 Juta

-->