Virus akan Mati di Tubuh dengan Sendirinya, Asal Tubuh Kita..

Virus-Corona.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pakar Virologist, Drh. Moh. Indro Cahyono mengatakan tubuh memiliki sistem pertahanan sendiri untuk melawan virus, termasuk covid-19.

Meski demikian, ada satu hal yang harus menjadi perhatian masyarakat bahwa pada dasarnya, tubuh kita dirancang untuk mampu mendeteksi virus jahat yang masuk, termasuk virus Corona Covid-19.

Indro mengatakan pada hari pertama saat virus masuk ke dalam tubuh, tubuh akan mencoba menolak.

"Virus masuk lewat hidung, reaksi pertama adalah bersin. Reaksi kedua tubuh akan kembali menolak dengan mengeluarkan lendir. Makanya kita pilek," kata Indro mengutip tayangan dikanal YouTube The Hermansyah A6.

Kemudian dalam rentang waktu hari ketiga sampai kelima, jika virus berhasil masuk ke dalam tubuh maka bisa menyebabkan radang disaluran pernapasan.

Hal itu yang bisa menyebabkan seseorang mengalami demam.

Namun pada hari ketujuh, lanjut Indro, jika imunitas dan stamina tubuh kuat maka antibodi akan keluar untuk melawan virus apapun yang masuk ke dalam tubuh.

"Artinya dia akan naik dari hari ketujuh sampai ke-14. Di hari ke-14 itu antibodinya jadi banyak banget, dia akan melawan virusnya sehingga sembuh," paparnya.

Indro menjelaskan bahwa virus corona menjadi mematikan jika pasien yang positif terinfeksi memiliki riwayat penyakit lain seperti masalah pernapasan. Seperti yang dialami WNA di Indonesia dengan kode 25 yang meninggal akibat Covid-19 beberapa waktu lalu.

"Kasus nomor 25, WNA usia 53 tahun dengan gejala bronkopneumonia (infeksi pernapasan) akut dan dia sudah menahun. Tanpa kena corona dia sudah sakit apalagi ditambahin," jelasnya.

Indro menegaskan bahwa virus apa pun memang tidak ada obatnya. Hanya bisa dicegah dengan vaksin. Tubuh secara alami bisa melawan virus dengan antibodi.

"Antibodi kita bisa naik dua kali, tiga kali lipat dari normal kalau kita makan vitamin E dan C, udah gitu doang," tuturnya.

Artikel ini sudah terit di Suara.com