Cuma Ada 1 di Indonesia, Alat Terapi Kanker Tercanggih Terendam Banjir

RSCM-kebanjiran.jpg
((screenshot instagram @realpalugada))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Tomoterapi, alat terapi kanker dengan teknologi terbaru dan tercanggih yang hanya ada dan satu-satunya di Indonesia tidak bisa digunakan karena kebanjiran. Alat yang berada di Ruang Departemen Radiologi, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) ini terendam air.

Kepala Bagian Humas RSCM, dokter Ananto mengatakan, alat tersebut hingga kini belum bisa digunakan sehingga pemeriksaan harus dialihkan ke alat lain.

"Khusus untuk pelayanan Tomo Terapi, dokter akan melakukan pengalihan ke alat lain jika dimungkinkan," kata dokter Ananto saat dihubungi Suara.com, Senin 24 Januari 2020.

Dia menyebut jika alat lain tersebut tidak memungkinkan maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit lain.

"Namun bila tidak, akan dilakukan proses rujukan ke Rumah Sakit lain sesuai koordinasi pihak RSCM," ungkapnya.

Sebagai informasi, berdasarkan situs resmi rscm.co.id, Tomoterapi merupakan alat terapi kanker dengan teknologi terbaru dan tercanggih yang dimiliki RSCM sejak Desember 2016.


Alat ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara hanya beberapa negara yang memilikinya, yaitu Singapura, Thailand, dan Filipina.

Alat Tomoterapi ini bisa memberikan terapi untuk pasien kanker dengan hanya menarget sel kanker di tempat tertentu tanpa merusak sel-sel lain di sekitarnya. Tingkat akurasi tergolong tinggi.

Selain itu, alat ini juga dapat menarget berbagai wilayah tubuh dengan jangkauan yang lebih luas. Waktu terapi juga lebih singkat dibanding alat radioterapi biasanya.

Diketahui, hujan sepanjang Minggu 23 Februari 2020, dini hari membuat RSCM kebanjiran untuk pertama kalinya yang menurut Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan disebabkan oleh saluran air yang terlalu kecil.

Banjir tersebut awalnya hanya setinggi mata kaki atau sekitar 8 cm, terjadi pada pukul 05.00. Menjelang pukul 08.00 WIB genangan air mulai surut.

Bahkan banjir itu masuk ke ruang radiologi dan radioterapi hingga merusak beberapa peralatan medis.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto langsung datang ke lokasi untuk mengecek kedua ruang di rumah sakit pusat rujukan nasional tersebut.

Menindaklanjuti arahan Menkes, Tim Fasmed RSCM dan BPFK Jakarta langsung melakukan pengecekan alat-alat medis radioterapi dan radiologi yang sempat terpapar oleh genangan air tersebut.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com