285 WNI yang Dipulangkan Dibelikan Tiket dan Dikasih Uang Jajan Rp 1 Juta

WNI-dari-Wuhan-di-tempat-observasi-di-hanggar-Lanud-Raden-Sajad-Natuna-Twitterkemenkesri.jpg
(WNI dari Wuhan di tempat observasi, di hanggar Lanud Raden Sajad, Natuna/ Twitter/@kemenkesriTwitter/@kemenkesri)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Tidak terbukti terjangkit virus Coroba setelah menjalani observasi selama 14 hari, sebanyak 285 WNI dari Wuhan, China,siap dipulangkan.

Para WNI itu akan diberangkatkan secara langsung dari Lanud Raden Sadjad menuju Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, tiket kepulangan para WNI dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju daerah asal telah diurus pemprov masing-masing. Nantinya biaya tiket pesawat itu akan diganti BNPB.


"Untuk tiket sudah diurus oleh perwakilan provinsi masing-masing. perwakilan nanti reimburse ke BNPB," jelas Doni Monardo di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepri, Sabtu 15 Februari 2020.

WNI Suspek Corona di Natuna

285 WNI asal Wuhan di pusat karantina di Natuna


Selain itu, Doni mengatakan, masing-masing WNI itu akan dibekali uang Rp 1 juta. Ia memastikan proses pemulangan para WNI itu terjamin.
"Warga yang diobservasi dibekali uang Rp 1 juta per orang. Dijamin sampai ke rumah selamat," ungkap Doni Monardo.
Observasi WNI dari Wuhan di Natuna


Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan beraktivitas di di tempat observasi, di hanggar Lanud Raden Sajad, Natuna. Foto: Twitter/@kemenkesri
Rencananya, para WNI itu diterbangkan dari Lanud Raden Sadjad, Sabtu (15/2) siang, menuju Bandara Halim Perdanakusuma.


Pemulangan itu akan menggunakan 2 pesawat jenis Boeing 737 dan 2 pesawat Hercules milik TNI. Setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma, para WNI itu akan melanjutkan perjalanan ke daerah asal masing-masing.


Menurut data BNPB, para WNI itu berasal dari berbagai di Indonesia. Yang terbanyak dari Jawa Timur sebanyak 65 orang. 
Aktivitas WNI di Natuna Jelang Kepulangan

Aktivitas WNI di Natuna Jelang Kepulangan


Warga Negara Indonesia yang dievakuasi dari Wuhan, Hubei, China melambaikan tangan kearah media di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Natuna, Riau. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja


Para WNI itu dinyatakan sehat dari virus corona setelah menjalani observasi selama 14 hari di Lanud Raden Sadjad sejak Minggu (15/2). Selama itu, tes kesehatan dilakukan secara berkala untuk memastikan mereka tak menunjukkan gejala virus corona.


Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan, setelah sampai ke daerah masing-masing 285 WNI itu akan kembali menjalani pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kondisi mereka tetap sehat. Pemeriksaan ini dipantau langsung oleh Dinas Kesehatan setempat.


285 WNI yang dipulangkan dari Natuna itu terdiri dari 238 kalangan sipil, sisanya kru pesawat Batik Air yang menjemput dari Wuhan dan tim advance.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com