Selamat, Indonesia Berhasil Bikin Kapal Selam, Dinamai Alugoro

Kapal-selam-Alugoro-melakukan-uji-coba.jpg
(Foto: ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

RIAU ONLINE, SURABAYA-PT PAL sukses melaksanakan ujicoba  Kapal selam Alugoro saat melaksanakan uji coba Tes Nominal Diving Depth (NDD) di Selat Bali, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa 21 Januari men

Kapal selam karya anak bangsa ini berhasil melaksanakan uji coba pertama kali menyelam dengan kedalaman 250 meter dan dapat disimpulkan 90 persen pembangunan kapal selam itu berhasil.


Kapal Selam Alugoro merupakan kapal selam pertama yang dibangun PT PAL Indonesia. Kapal selam Alugoro juga merupakan salah satu dari tiga kapal selam yang dibangun berkat kerja sama antara PT PAL Indonesia dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Korea Selatan.



Sebelumnya PT PAL Indonesia melaksanakan tahapan First Trimming Test Kapal Selam Alugoro pada 24 Oktober 2019. Uji coba itu digelar di dermaga kapal selam PT PAL untuk menguji keseimbangan kapal baik di permukaan maupun di bawah permukaan.


Kapal Selam Alugoro juga telah menjalani berbagai proses pengujian seperti Harbour Acceptance Test (HAT) hingga Sea Acceptance Test (SAT). 
Selama uji coba, Kapal Selam Alugoro dikawal oleh KRI RE Martadinata-331.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com