Reaksi Sultan HB X saat Tahu Abdi Dalem Keraton Lecehkan Mahasiswi

Sri-Sultan-Hamengku-Buwono-X.jpg
(Usman Hadi/detikcom)

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Gubernur Yogyakarta Sri Sultan HB angkat bicara soal dugaan pelecehan seksual yang dilakukan abdi dalem Keraton.

Pelecehan tersebut dilakukan oleh pelaku di Alun-alun Utara. Mahasiswa yang menjadi korban sempat menangis dan ditolong oleh petugas parkir.

"Ya dilaporkan dong kalau itu memang melanggar," kata Sultan HB X kepada wartawan di Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta Jalan Babarsari No 2 Sleman, DIY, Senin (11/11/2019).

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini mengaku belum mengetahui insiden dugaan pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh oknum abdi dalem Keraton. Pihaknya tak bersedia berspekulasi.

"Ora ngerti aku (tidak tahu saya)... Ya nggak tahu saya, mosok aku ngurusi koyok ngono (masak saya ngurusi kayak begitu)," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum abdi dalem Keraton ke mahasiswi di Alun-alun Utara Yogyakarta, kemarin, dikonfirmasi Sekretaris Forum Komunikasi Komunitas Alun-alun Utara (FKKAU) Krisnadi.

Korban diketahui merupakan mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta. Adapun pelaku diduga merupakan oknum abdi dalem Keraton. Saat diintrogasi di Pos Pam Budaya abdi dalem itu mengakui seluruh perbuatannya.

Sementara Kapolsek Gondomanan, Kompol Purwanto, belum bisa berbicara banyak terkait dugaan tindak asusila yang terjadi di Alun-alun Utara Yogyakarta pada Minggu (10/11/2019) malam. Ia beralasan polisi hingga kini belum menerima laporan.

"Belum ada laporan dari korban," ujar Purwanto lewat pesan singkatnya ke wartawan.

Artikel ini sudah terbit di Detik.com