7.500 Relawan Disabilitas Dilibatkan dalam Asian Para Games 2018

Penyandang-disabilitas-untuk-Asian-Para-Games-2018.jpg
(Antara Foto)

RIAUONLINE, JAKARTA - Sebanyak 7.500 sukarelawan mengikuti pelatihan keterampilan komunikasi dan interaksi kepada atlet dan ofisial peserta Asian Para Games (APG) 2018.

Pelatihan yang dilaksanakan Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC) ini, berlangsung selama empat hari. Dimulai hari ini, Senin 17 September 2018 hingga Kamis 20 September 2018.

"Ini adalah pelatihan umum bagaimana berinteraksi dengan para penyandang disabilitas. Pelatihan ini tentu berbeda dengan pelatihan Asian Games, selain pelatihan umum lain seperti kepribadian ataupun pemahaman tentang tiket elektronik," kata Wakil Direktur Hukum dan Sumber Daya Manusia Rezza Dwi Brammadita di sela-sela pelatihan sukarelawan di Universitas Nasional Jakarta, Senin 17 September 2018.

Rezza mengatakan para sukarelawan itu terbagi ke dalam 40 kelas yang masing-masing berisi 30-50 orang.

"Pelatihan secara khusus pada masing-masing divisi akan berlangsung pada 21-26 September di Jakarta," ujarnya.

Menurut Rezza, tidak memerlukan peralatan khusus dan hanya menekankan pada sikap dan mekansime interaksi dengan difabel.


"Para sukarelawan tidak boleh merasa kasihan dan tiba-tiba mendorong pengguna kursi roda. Sebenarnya, mereka mampu madiri. Kami mengajarkan komunikasinya dengan bertanya lebih dulu mereka butuh dibantu atau tidak," katanya.

Pelatihan bagi sukarelawan APG itu juga melibatkan puluhan orang pelatih dari berbagai komunitas difabel di Indonesia.

"Mereka mendapatkan materi pelatihan bagaimana cara berinteraksi dengan disabilitas. Pelatihan itu diberikan langsung oleh pelatih disabilitas seperti tuna rungu, tuna netra, serta tuna daksa," katanya.

Tulisan ini sudah tayang di Antaranews dengan judul "Agar terampil berinteraksi dengan kaum difabel, 7.500 relawan ikut pelatihan"

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id