Menpan RB Ingatkan ASN Jangan Sampai Ikut Arus Politik, Kecuali...

No-Politik-Praktis.jpg

RIAU ONLINE, JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu menjaga netralitas mereka di tengah ramainya gejolak politik Pilkada Serentak 2018. Karena itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur dengan tegas mengingatkan ASN untuk tidak ikut terbawa arus politik.

"Dalam hal pilkada ini saya menjaga kenetralitasan ASN. Jadi ASN jangan terbawa arus politik, kita keluarkan peraturan Menpan yang sekarang sudah selesai," kata Asman Abnur dikutip dari Liputan6.com, Jumat, 2 Februari 2018.

Apabila nantinya ada ASN yang melanggar aturan tersebut, sambung Asman, pihaknya siap memberikan sanksi tegas.

"Dan kita harap sekarang dalam tahapan-tahapan sanksi, kemudian pelanggaran-pelanggaran apa yang diputuskan oleh Panwaslu itu. Kami juga bisa keluarkan dan kami harap ASN jangan terpengaruh dengan urusan politik. Saya akan menjaga itu," tegas Asman Abnur.

Namun Menpan memberikan pengecualian terhadap ASN yang suami atau istrinya mencalonkan diri di Pilkada 2018. Dengan syarat ASN tersebut menanggalkan atributnya dan mengajukan cuti.

"Misalnya suami-istri, mungkin dia bisa cuti di luar tanggungan negara, kan enggak mungkin seorang istri tidak mendampingi suaminya, yang penting dia tidak pakai atribut, dia tidak ikut-ikut jadi jurkam," ujar Asman.

Meski begitu, ASN tetap dilarang berpolitik. Yang diperbolehkan hanya sebatas mendampingi dan berfoto bersama suami atau istrinya yang maju sebagai calon kepala daerah.

"Namanya istri harus dampingi suami dong ke mana-mana, masa dilarang. Begitu sebaliknya, suami harus mendampingi istri, nanti didampingi orang lain kan bahaya," kata dia. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id