Jokowi Pilih Idrus Marham Gantikan Khofifah Jadi Mensos

Menteri-Sosial-Idrus-Marham.jpg
(Suara.com)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Idrus Marham untuk menggantikan Khofifah Indar Parawansa sebagai Menteri Sosial. Khofifah mengundurkan diri dari jajaran kabinet Jokowi untuk maju di bursa Calon Gubernur Jawa Timur 2018.

Pelantikan Sekretaris Jenderal Partai Golkar ini dilaksanakan Rabu, 17 Januari 2018 pagi ini, mulai pukul 09.00 WIB, bebarengan dengan empat posisi lainnya. Yakni Kepala Staf Keprsidenan, Menperin, Kepala KSP, Wantimpres dan Kasau.

Selama ini, Idrus dikenal sebagai politisi Golkar yang loyalis. Pengangkatannya sebagai menteri akan menambah daftar politisi Golkar di tubuh kabinet Jokowi.

Nama Idrus Marham sebagai calon Menteri Sosial telah ramai beredar di hari terakhir Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar pada Rabu, 20 Desember 2017. Dalam draft surat keputusan Golkar yang dikutip dari Tempo.co, nama Idrus Marham disiapkan menggantikan Khofifah.

Pria berusia 55 tahun asal Sulawesi Selatan ini merupakan Doktor Ilmu Politik lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia terjun ke dunia politik sejak terpilih menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) hasil Pemilu 1997.


Setelah itu melalui Partai Golkar, ia terpilih sebagai anggota DPR tiga periode berturut-turut, yakni 1999-2004, 2004-2009, serta 2009-2004 dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan III.

Pada Juni 2011, Idrus Marham mengundurkan diri dari anggota DPR dengan alasan ingin fokus bekerja untuk partai menjelang Pemilu 2014. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id