Pertama Kali di F1, Pebalap Rio Haryanto Bakal Hadapi 21 Balapan

rio-haryanto.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto akan turun di 21 balapan di ajang kompetisi Formula 1 (F1). Kesempatan itu diraih Rio setelah menandatangi kontrak satu musim pertandingan dengan Tim F1 Manor Racing.

 

Menurut manajer Piers Hunnisett , dalam enam bulan pertama Rio akan menggiatkan latihan dan selebihnya akan menampilkan yang terbaik. Menyusul pengumuman dari tim Inggris Manor Racing melalui skype ke kantor pusat Pertamina, Rio dijadwalkan akan berangkat ke Barcelona Jumat (19/2/2016) ini untuk latihan pramusim.

 

"Saya sangat lega sekali. Dan sekarang saya akan berusaha untuk memberikan yang terbaik," kata Rio dalam jumpa pers.

 

Setelah melakukan uji coba di Barcelona dari tanggal 22-25 Februari, Rio akan melakukan latihan pada tanggal 1-4 Maret untuk melakukan adaptasi dengan mobil dan tim baru.


 

Saat ditanya nomor mobil yang akan digunakan, Rio mengatakan masih menunggu keputusan dari Manor.

 

"Targetnya Manor ini ingin sekali jadi mid-team. Ini tantangan besar. Kalau bisa, ini jadi bonus juga kalau saya bisa tunjukkan potensi," kata Rio.

 

Sementara itu, pebalap utama di Manor, Pascal Wehrlein, yang sebelumnya telah memiliki pengalaman dalam testing mobil F1.

 

"Pascal adalah pebalap yang tajam dengan masa depan sangat menjanjikan. Kami memilih pebalap yang memiliki bakat dan lapar untuk menyeimbangi ambisi kami," ungkap bos Manor, Stephen Fitzpatrick.

 

Tim F1 ini masuk dalam tim papan bawah sejak masuk F1 pada 2010 namun telah melakukan restrukturisasi besar. Fitzpatrick telah merekrut mantan direktur olahraga McLaren, Dave Ryan, untuk menjalankan tim. Ia juga merekrut teknisi Pat Fry dan Nikolas Tombazis, teknisi yang dipecat Ferrari pada akhir musim 2014.