Kembali Ditemukan Ratusan Hotspot di Riau

Kebakaran-Hutan-dan-Lahan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau memantau ada 164 titik panas (Hotspot) di Riau. Jumlah terbanyak terdapat di Kabupaten Inderagiri Hilir.

 

"Satelit Modis Terra dan Aqua mendeteksi ada 759 titik panas di Sumatera. Titik panas terbanyak terdapat di Jambi yakni 250 titik panas. Sedangkan untk wilayah Riau, ditemukan 164 titik dengan Indragiri Hilir sebagai penyumbang titik terbanyak yaitu 77 titik," kata kepala BMKG Provinsi Riau, Sugarin, Senin (31/8/2015).

 

Selain Inhil, lanjutnya, titik panas lainnya terdapat di Inderagiri Hulu 31 titik, disusul Pelalawan 29 titik, Siak 10 titik, Bengkalis 6 titik, Kampar 5 titik, Dumai 3 titik, Rohil 2 titik dan Kuansing 1 titik.

 

Akibat titik panas yang mengakibatkan kabut asap tersebut, lanjut Sugarin, membuat jarak pandang pun terganggu. Jarak pandang untuk Kabupaten Pelalawan hanya sejauh 800 meter, Pekanbaru 1 kilometer, Rengat 2 kilometer dan Dumai 4 kilometer.

 

Menurut Sugarin, perkiraan cuaca di wilayah Provinsi Riau hari ini, cerah berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir akan terjadi pada sore atau malam hari di Wilayah Riau bagian Utara dan Timur.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline