Wear Green, Ramai di Medsos Ajakan Pakailah Warna Hijau Hari Ini untuk Palestina

Aksi-bela-palestina.jpg
(Foto: Bayu Pratama S/Antara Foto)

RIAU ONLINE - Media sosial diramaikan ajakan untuk memakain baju atau atribut berwarna hijau hari ini, Rabu, 15 November 2023. "Wear Green For Palestine" menjadi tagar populer di berbagai media sosial sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina yang dijajah Israel sejak 1948 dan kini tengah menghadapi ancaman genosida pasukan zionis.

Kampanye global #WearGreen dan WearGreenForPalestine mengajak masyarakat untuk mengenakan apa saja yang berwarna hijau.

Ray Rilo, merupakan selebgram Malaysia menjadi satu dari sejumlah influencer yang menggerekkan seruan #WearGreen.

“Setidaknya ini yang bisa kita lakukan. Kita selalu mengenakan sesuatu untuk dipakai dalam segala hal. Itu adalah kebutuhan dasar manusia. Rakyat Palestina sedang menderita, berjuang, mereka mungkin tidak punya pilihan untuk hidup layak seperti dulu. Mari kita dukung, inilah THE GREEN WAVE yang “menyuarakan” solidaritas kita terhadap Palestina. Pakai HIJAU pada tanggal 15 November 2023,” tulis Ray Rilo, dikutip dari kumparan, Rabu, 15 November 2023.

Ray Rilo menyarankan mereka yang mengenakan atribut hijau hari ini untuk mengunggah foto selfie di media sosial.

Ia pun dalam unggahannya menjelaskan alasan gerakan memakai atribut hijau pada hari ini dan dipilihnya warna hijau.


Mengapa tanggal 15 November? Mengapa hijau? Mengapa kita harus melakukan ini?

Pemilihan tanggal 15 November untuk kampanye "Pakailah Warna Hijau Untuk Palestina" berakar pada makna sejarah. Pada hari ini di tahun 1988, Palestina mendeklarasikan kemerdekaannya sebagai negara berdaulat.

Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perjuangan yang sedang berlangsung untuk mendapatkan pengakuan dan perdamaian di Palestina.

Hijau melambangkan harapan, ketahanan, dan hubungan kuat dengan tanah, mewakili perdamaian melalui ikatannya dengan alam, ketenangan, pertumbuhan, dan keinginan untuk hidup berdampingan secara harmonis.

Dengan mengenakan pakaian hijau pada tanggal 15 November, para pendukung di seluruh dunia bersatu dalam solidaritas untuk mengadvokasi hak otonomi Palestina dan menekankan pentingnya pengakuan global atas perjuangan tersebut.

Upaya terkoordinasi pada tanggal tertentu ini berfungsi sebagai pengingat visual yang kuat, menumbuhkan kesadaran kolektif dan mendorong masyarakat di seluruh dunia untuk bersatu mendukung upaya Palestina mencapai kemerdekaan dan perdamaian.

perubahan positif, mendesak pemerintah di seluruh dunia untuk mengakui hak Palestina untuk menentukan nasib sendiri.

Mari kita bersama-sama menciptakan pesan yang kuat melalui front persatuan hijau, melampaui batas dan menekankan upaya universal kita untuk mencapai perdamaian dan keadilan. Kenakan pakaian hijau pada tanggal 15 November dan jadilah bagian dari perubahan bagi Palestina.

Saya sangat menghargai dukungan global yang luas terhadap tujuan ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berbagi dan berkontribusi. Partisipasi Anda sangat berharga, dan bersama-sama, kita menciptakan gelombang perubahan yang kuat. Saya berutang budi yang sangat besar kepada Anda semua.