Gmail Hadirkan Centang Biru Seperti Twitter, Ini Fungsinya

Gmail-centang-biru.jpg
(Foto: Dok. Google via kumparan)

RIAU ONLINE - Google menghadirkan centang biru untuk Gmail. Fitur baru yang telah lebih dulu diterapkan Twitter dan Instagram ini merupakan tahap lanjutan verifikasi email pengguna dan pelanggan.

Google mengatakan centang biru akan membantu pengguna mengidentifikasi si pengirim email. Upaya ini untuk menekankan autentikasi alamat untuk menghindari spam dan upaya penipuan menggunakan nama brand.

Centang biru ini sendiri merupakan lanjutan sistem verifikasi alamat email Brand Indicators for Message Identification (BIMI) yang mulai diuji sejak 2020. BIMI akan membutuhkan masing-masing akun untuk mengikuti tahap Domain-based Message Authentication serta verifikasi hak cipta logonya, sebagaimana dilansir dari kumparan, Jumat, 5 Mei 2023.


Perusahaan akan mendapati logonya di badan Gmail-nya saat mereka memenuhi syarat verifikasi BIMI. Terbaru, pelanggan bakal menerima tanda centang biru yang muncul di email yang dikirimnya.

Jika centang birunya diklik akan muncul penjelasan “Pengirim email ini telah memverifikasi bahwa mereka pemilik [domain dikirim dari] dan logo di gambar profil."

Fitur ini tersedia untuk perusahaa yang berlangganan Google Business, Google Workspace, atau G Suite Basic, termasuk untuk akun personal.