Setelah 9 Tahun, Film Buya Hamka Siap Meriahkan Idul Fitri, Intip Sinopsisnya

Film-Buya-Hamka.jpg
(Instagram via Suara.com)

RIAU ONLINE - Film Buya Hamka dipastikan akan tayang tahun ini. Film garapan kolaborasi rumah produksi Falcon Pictures dan Starvision ini akan tayang memeriahkan Idul Fitri, tepatnya 20 April 2023.

Buya Hamka menjadi satu dari film mewah Falcon Pictures dan Starvision. Film yang dibintangi Vino G Bastian dan Laudya Cynthia Bella ini sudah dipersiapkan sejak sembilan tahun lalu dengan biaya fantastis.

"Saya mengucap syukur, Alhamdulillah. Karena karya fenomenal yang berproses sejak Bapak Din Syamsuddin menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak saya untuk membuat Film tentang Buya Hamka, seorang ulama besar dan kiai nasionalis yang menjadi Ketua MUI pertama. Karya Film kerjasama Starvision dan Falcon dengan MUI ini membutuhkan sembilan tahun dengan biaya besar, kini telah siap tayang dibioskop. Bismillahirrahmanirrahim," kata produser Starvisio, Chand Parwez, dikutip dari Suara.com, Minggu 19 Maret 2023.

Pruduser Falcon Pictures, Frederica, menilai film Buya Hamka bukan sekedar tontonan, melainkan sebagai tuntunan.

"Ini adalah bentuk dedikasi kami kepada dunia hiburan Indonesia. Karena film Buya Hamka, bukan hanya menghibur, tapi juga memberikan tuntunan. Kami juga berharap, banyak pelajaran positif yang bisa dipetik usai menonton film ini. Dan momen lebaran merupakan waktu yang pas, untuk menikmati film Buya Hamka bersama keluarga," ujar Frederica.


Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau dikenal dengan Buya Hamka merupakan ulama sekaligus sastrawan dan politikus. Ide cerita tentang sosok yang amat disegani ini muncul sejak 2014.

Proses produksi film Buya Hamka memakan waktu hingga sekitar 9 tahun. Sebab, penulisan naskah kerap mengalami perubahan.

Bahkan dibutuhkan tiga tahun untuk memperkuat alur cerita sebelum memulai proses asting. Hingga akhirnya, Vino G Bastian diumumkan sebagai tokoh utama dalam film ini, Buya Hamka. Nama-nama besar lainnya juga akan mengambil perannya masing-masing dalam film ini.

Film Buya Hamka juga dibintangi Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Rey Bong, Mawar Eva, Reza Rahadian, Yoriko Angeline, Marthino Lio, Wafda Lubis, hingga Anjasmara.

Film Buya Hamka bercerita tentang kehidupan sang tokoh mulai dari kanak-kanak, remaja, hingga berkeluarga. Pria kelahiran 17 Februari 1908 telah melewati beberapa perubahan sebelum menjadi sosok yang dikenal banyak orang.

Film ini menyoroti cara Buya Hamka menyampaikan dakwahnya secara santun. isi humanis Hamka selama proses menggapai semua pencapaiannya yang membanggakan juga akan ditampilkan.

Film Buya Hamka rencananya akan segera ditayangkan di bioskop pada Lebaran tahun ini.