Segera Meluncur, Intip Deretan Fitur Baru Android 14

Android-14.jpg
([Gizchina])

RIAU ONLINE - Android 14 akan dirilis dalam waktu dekat. Sejumlah fitur menarik pun siap melengkapi smartphone penggunannya.

Namun, belum ada versi terbuk atau versi beta dari sistem operasi ini untuk pengembang (Pratinjau Dev) lantaran masih dalam pengembangan.

Pratinjau Dev merupakan peningkatan eksperimental untuk Google Pixel, yang kemungkinan dimulai dengan Pixel 5 dan lebih baru akan menjadi yang pertama terlihat saat diluncurkan pada Februari 2023.

Android 14 final dan stabil pasti akan diluncurkan menjelang akhir Agustus atau awal September 2023.

Google akan secara resmi menamai versi sistemnya sebagai Android 14. Sementara, belum diketahui perangkat kompatibel dengan Android 14 ini.

Lalu, bagaimana cara pembaruan Android 14?

Setiap pabrikan akan menerbitkan garis waktu untuk memperbarui perangkat yang ada ke Android 14 dan metode untuk melakukannya.

Secara umum, notifikasi pembaruan harus muncul segera setelah perangkat seluler memilikinya. Setelah Android digunakan, juga praktis untuk melakukan pencarian manual melalui pengaturan sistem, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Selasa, 7 Februari 2023.

Dengan fitur ini pengguna bisa menyesuaikan antarmuka perangkat sesuai keinginan, dengan berbagai pilihan warga dan bahan yang berbeda.

Ini juga akan memungkinkan bagi pengguna membuat perangkat terlihat dan terasa unik bagi mereka dan bisa menjadi nilai jual utama untuk Android 14.

Fitur lainnya dari Android 14 yang dikabarkan adalah peningkatkan penggunaan jaringan. Ini dapat mencakup alat baru untuk membantu mengelola pengunaan data, serta fitur baru untuk membantu pengguna menghemat data saat perangkat digunakan.


Fitur baru lainnya di Android 14 adalah penyimpanan otomatis media yang masuk. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara otomatis menyimpan foto dan video dari pesan masuk, tanpa harus menyimpan secara manual.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menghemat waktu dan akan memudahkan untuk melacak media penting.

Izin media terperinci juga dapat menjadi fitur baru di Android 14. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur berbagai tingkat akses ke berbagai jenis media, seperti foto atau video, berdasarkan per aplikasi.

Fitur ini akan memberi pengguna kontrol yang lebih besar atas privasi dan keamanan mereka, dan akan membantu mencegah akses yang tidak diinginkan ke informasi sensitif.

Menurut laman Gizmochina yang dilansir dari Suara.com, berikut sederet fitur baru lainnya yang diprediksi siap hadir di Android 14.

1. Health Connect

Health Connect membantu pengguna tetap terhubung dengan data kesehatan dan kebugaran dari berbagai perangkat.

Pengguna bisa melihat semua data kesehatan dan kebugaran dari berbagai perangkat di satu tempat, sehingga kemajuan dan target dapat ditetapkan dengan mudah.

2. Koneksi Satelit

Koneksi satelit memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan satelit saat berada di luar jangkauan jaringan lain. Sehingga, pengguna dapat tetap terhubung meski berada di daerah pedesaan atau terpencil sekalipun.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering bepergian ke daerah yang jauh dari jangkauan jaringan.

3. Gestur Navigasi

Gestur navigasi memungkinkan pengguna menavigasi perangkat dengan mudah menggunakan berbagai gerakan.

Pengguna akan mudah mengakses berbagai aplikasi dan fungsi, serta membantu merapikan layar, membuat lebih mudah untuk melihat yang sedang terjadi.

Google telah merilis Pratinjau Pengembang Android 14, memberi pengembang kesempatan untuk mulai mengembangkan aplikasi dan fitur baru.

Pratinjau Dev akan memungkinkan pengembang untuk menguji aplikasi mereka dan melihat bagaimana kinerjanya pada sistem operasi baru, sehingga mereka dapat membuat perubahan yang diperlukan sebelum rilis resmi.