Reporter: Herianto Wibowo
RIAU ONLINE, PEKANBARU – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak Pekanbaru mengimbau seluruh pelanggan untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul maraknya kasus pencurian water meter dalam beberapa waktu terakhir.
Dalam unggahan resmi di media sosial, Tirta Siak menegaskan pencurian water meter tidak hanya menimbulkan kerugian materi bagi pelanggan, tetapi juga mengganggu pasokan air bersih ke rumah-rumah.
“Belakangan ini, kasus pencurian water meter pelanggan mulai marak terjadi. Dampaknya bukan hanya kerugian materi, tapi juga terganggunya aliran air bersih ke rumah Anda,” kata Direktur Perumda Tirta Siak, Agung Anugrah, Selasa 20 Mei 2025.
PDAM juga menegaskan tanggung jawab atas kehilangan atau pencurian water meter sepenuhnya berada di tangan pelanggan. Oleh karena itu, pelanggan diminta untuk secara rutin memeriksa kondisi instalasi meter air mereka dan menjaga keamanannya.
“Tirta Siak mengimbau seluruh pelanggan untuk lebih waspada. Periksa kondisi water meter secara berkala, pastikan area tetap aman, dan segera laporkan jika melihat aktivitas mencurigakan di sekitar instalasi air,” lanjut pernyataan itu.
Dalam unggahan Tirta Siak di akun Instagramnya, Senin 19 Mei 2025 terlihat rekaman CCTV yang menunjukkan aksi dugaan pencurian water meter di salah satu lokasi pelanggan.
Hal ini menjadi pengingat bagi pelanggan untuk tidak lengah terhadap keamanan instalasi air di lingkungan mereka.
PDAM Tirta Siak juga menyediakan nomor layanan pelanggan untuk pelaporan dan pengaduan di 0817 7112 74, serta dapat dihubungi melalui media sosial resmi mereka.