Disdik Riau Berlakukan Zonasi Kelurahan di PPDB SMA/SMK Sederajat Riau

Ilustrasi-PPDB-Online3.jpg
(ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc via Tirto.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau segera membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 bagi tingkat SMA/SMK Sederajat pada Mei 2024. 

Kepala Disdik Provinsi Riau Tengku Fauzan Tambusai mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan juknis pendaftaran, panitia, dan hal-hal teknis lainnya. Sosialisasi PPDB rencananya akan segera dimulai awal Mei 2024 mendatang.

"Untuk tanggalnya belum bisa saya pastikan, tapi bulan depan kita sudah mulai sosialisasi PPDB SMA/SMK/Sederajat. Karena sekarang semuanya sudah kita persiapkan," ujarnya, Rabu, 24 April 2024.

Lebih lanjut, Tengku menjelaskan sistem zonasi pada PPDB tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, sistem zonasi semakin diakuratkan dengan sistem penghitungan jarak sekolah berdasarkan kelurahan di sekolah tersebut.


"Berdasarkan arahan dari kementerian, sekarang kita zonasi wilayah. Jadi masing-masing kelurahan yang berdekatan dengan sekolah, ada kuotanya di sekolah itu. Kemudian digabungkan dengan jarak koordinat ke sekolah tersebut. Jadi kalau sebelumnya hanya berdasarkan koordinat, sekarang kita kombinasikan dengan melihat jarak antara kelurahan juga," jelasnya.

Dengan sistem zonasi gabungan ini, pihaknya menjamin setiap siswa dapat sekolah dari jarak yang terdekat di rumahnya.

"Misalnya ada SMA A, kelurahan apa saja yang paling dekat dengan SMA itu, maka ada hak dari warga kelurahan itu untuk kuota di SMA tersebut. Lalu nanti dilihat dari koordinat rumahnya," pungkasnya.