Arus Balik Sumbar - Riau Terpantau Ramai Lancar

Arus-balik-di-kelok-9.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Arus balik Lebaran di Kelok 9 Sumatera Barat (Sumbar) terpantau ramai lancar, Senin, 15 April 2024.

Sejumlah kendaraan dengan plat BM masih menikmati wisata di jembatan layang sepanjang 2,5 km tersebut.

Tidak hanya itu, arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumbar - Riau tepatnya di Rimbo Data Kabupaten Pangkalan juga tampak ramai lancar.

Berdasarkan catatan pengelola Tol Pekanbaru-Bangkinang, sebanyak 38 ribu kendaraan dari Sumatera Barat (Sumbar) memasuki Riau pada Minggu, 14 April 2024.

"Artinya puncak arus balik sudah dimulai sejak kemarin dan diprediksi terus meningkat sampai besok. Oleh karena itu kita harus all out dan tidak boleh mengurangi standar operasional prosedur layanan kepada masyarakat," kata Kapolda Irjen Pol Mohammad Iqbal.


Irjen Iqbal menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau telah melaksanakan pengalihan arus lalu lintas dari jalan arteri ke jalur alternatif. 

Selain itu, kendaraan pribadi dan bus juga diarahkan untuk memasuki jalan tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalur umum.

Sementara itu, kata Irjen Iqbal, pemerintah telah menerapkan work from home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengurangi arus balik yang berakibat kemacetan. 

“Kita juga melakukan patroli hunting sistem sekaligus menyampaikan himbauan melalui spanduk dan publik address," katanya.

"Kita bersama stakeholder baik itu dari Jasa Raharja, Dinas Perhubungan bersatu padu untuk mengatur lalu lintas di daerah rawan kecelakaan dan rawan kemacetan. Saya perintahkan semua jajaran untuk bekerja maksimal," pungkasnya