Diumumkan Polda Riau, Daftar Pemenang Lomba Karya Jurnalistik Pemilu Damai 2024

Kapolda-umumkan-pemenang-LKJ.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polda Riau menggelar acara penutupan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Cooling System Pemilu Damai 2024 di Mall Living World Pekanbaru, Sabtu, 9 Maret 2024.

Sebanyak 200 karya foto jurnalis, umum dan Polri di tampilkan di acara tersebut. Pengumuman LKJ dibuka oleh Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal. 

Ketua Pelaksana sekaligus Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Hery Murwono menyebutkan sebanyak 2.180 mendaftar LKJ. Adapun rinciannya, kategori jurnalis 302 peserta, kategori Polri ada 1499 peserta dan untuk kategori umum 379 peserta.

“Adapun jumlah karya yang didaftarkan sebanyak 2.676 karya, dengan rincian karya tulis jurnalis sebanyak 418 karya, foto jurnalis 240 karya, video jurnalis 140 karya," urainya.

"Kategori Polri sendiri berjumlah 1241 karya dan video berjumlah  258 karya, untuk kategori umum karya foto yang terdaftar berjumlah 341 karya dan video berjumlah 38 karya,” tambahnya.

Karo Penmas, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko Polri yang turut hadir mewakili Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho memberikan dukungan terhadap kegiatan positif masyarakat untuk terus mengembangkan diri melalui karya.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti exhibition foto dan lomba karya jurnalistik yang diinisiasi oleh Polda Riau saat ini," ujar Brigjen Trunoyudo.

Menurutnya, kegiatan seperti ini memiliki dampak positif yang besar, terutama dalam membentuk opini masyarakat.

Ia menyebut jurnalistik memiliki peran penting sebagai agenda perubahan melalui penyampaian berita kepada masyarakat.

Dalam era digital ini, dengan perkembangan informasi yang pesat, Kadiv Humas menekankan pentingnya literasi digital.

"Hal diatas dilakukan agar masyarakat mampu menyaring dan melakukan verifikasi terhadap informasi yang diterima, menghindari informasi hoax atau ujaran kebencian yang dapat memecah belah masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam sambutannya juga menekankan peran institusi kepolisian sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat serta menjamin keamanan dan penegakan hukum.

"Kami ingin menggunakan upaya sesuai dengan tupoksi kami untuk menjamin pemilu aman, damai, kondusif, dan berintegritas," ungkapnya.


Ia menambahkan media memiliki peran penting dalam cooling system pemilu damai dengan narasi-narasi baik yang mendinginkan.

“Kami sepakat, Pak Wakapolda, Pak Irwasda, serta semua PJU dan Kapolres untuk menginisiasi lomba karya jurnalistik," katanya.

"Kita penuhi narasi media dengan pemilu damai kondusif,  Ayo jaga persatuan dan kesatuan walaupun berbeda pilihan, tapi persatuan dan kesatuan adalah hal yang paling utama," pungkas Irjen Iqbal.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dimulai dari kategori Polri. Berikut daftar pemenang LKJ:

Juara Lomba Foto Kategori Umum

1. Erpanizal
2. Uswatun Hasanah Basri
3. Afrianto Silalahi

Juara Lomba Video Kategori Umum

1. Ryan Ronald Saputra
2. Muhammad Rafli Juara
3. Aulia Roni Tuah

Juara kategori karya tulis

1. Banda Haruddin Tanjung / okezone.com
2. Andy Indriyanto/halloriau.com
3. Bynton Simanungkalit/Tribun Pekanbaru.

Harapan I dan II :

1. Raja Adil Siregar/detik.com
2. Defri Candra Riauonline.co.id

Juara kategori Photo Jurnalis

1. Evan Gunanzar/ Riau Pos
2. Mhd Akhwan/ Riau Pos
3. Wahyudi/ riauaktual.com

Harapan I dan II :

1. Defrizal/ Riau Pos
2. Dermawansyah/ Riaulink.com

Juara kategori lomba video Jurnalis

1. Ahad Laila Isnin/ Riau Televisi
2. Novtri Fajar Ramadhan/ Tv One
3. Oki Sulistio/ Net.Tv

Harapan I dan II :

1. Irwansyah/ TVRI
2. Devi Hendrawan/ Riau Televisi

Sedangkan untuk peraih hadiah utama dari Kapolda Riau  berupa tiket umrah diraih oleh Banda Baharuddin Tanjung dari media online okezone.com.