Begini Cara RSJ Tampan Tangani Pasien Caleg Depresi Usai Gagal di Pemilu

RSJ-Tampan-Riau1.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINEPEKANBARU - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan telah mempersiapkan segala sesuatu untuk menangani pasien yang merupakan caleg depresi karena gagal saat pemilu.

Namun hingga saat ini, Direktur RSJ Tampan, Zainal Arifin, mengatakan belum ada caleg depresi yang masuk ke rumah sakit tersebut.

Zainal menjelaskan RSJ Tampan memberikan penanganan secara psikologis terhadap caleg depresi. Pihaknya fokus untuk menekan dampak depresi berlebihan yang dialami korban.

Sejauh ini, kata Zainal, RSJ Tampan telah menyediakan poli klinik khusus, lengkap dengan tenaga medisnya. Termasu dokter yang bisa melakukan penanganan di RSJ maupun panggilan (on call).


“Khusus untuk dokter on call kita ada sembilan sekarang, satu spesialis kedokteran jiwa. Sebelumnya cuma delapan,” tuturnya, Jmat, 1 Maret 2024.

Akan tetapi, tegas Zainal, RSJ Tampan tidak memberikan penanganan secara door to door. Sehingga, pihak keluarga disarankan untuk menghubungi RSJ Tampan, jika membutuhkan penanganan terhadap caleg depresi.

Sementara itu, Zainal mengetahui adanya caleg yang pernah ditangani di RSJ Tampan karena depresi usai gagal dalam pemilu.

“Saya belum tahu. Kalau dari arsip kayanya belum ada lah,” jelasnya.