Masih Berpotensi Diguyur Hujan, Ancaman Banjir Mengintai Kota Pekanbaru

Banjir-di-Sidomulya-pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat di Kota Pekanbaru harus mewaspadai potensi hujan yang masih terus terjadi. Meski curah hujan fluktuatif, namun potensi angin kencang juga terjadi sehingga hal ini juga harus diwaspadai.

BPBD Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat yang bermukim di daerah rawan banjir untuk tetap melakukan kesiapsiagaan. Apalagi ancaman banjir masih mengintai di beberapa titik rawan.

"Kami mengingatkan masyarakat, agar waspadai ancaman banjir di wilayahnya," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Selasa 28 November 2023.

Dirinya menyampaikan, tim juga terus melakukan pemantauan di lokasi yang rawan banjir pasca hujan melanda kota.Tim di lapangan juga melakukan sosialisasi sebagai edukasi agar mengantisipasi ancaman banjir. 


"Kita tetap lakukan pengawasan ke wilayah yang rawan banjir. Alhamdulillah pasca beberapa kali hujan, belum ada laporan titik genangan air maupun banjir di daerah aliran sungai dan rawan banjir," imbuhnya.

Pihaknya pun melakukan koordinasi dengan dengan dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Mereka juga melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi Riau.

Ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang bermukim di wilayah daerah aliran sungai agar waspada saat hujan datang. Mereka bisa mengamankan barang berharga ke tempat yang lebih aman agar tidak tergenang saat banjir.

Berdasarkan pantauan BMKG, potensi hujan masih akan terjadi hingga satu minggu ke depan. Intensitas curah hujan fluktuatif dari sedang hingga tinggi.

"Kita juga sedang lihat eskalasi curah hujan yang turun untuk menetapkan status siaga bencana hidrometeorologi. Tetap kami minta kepada masyarakat melaporkan kejadian atau bencana di call center BPBD 08117651464," paparnya.