Awal Pekan, Hujan Masih Berpotensi Guyur Riau

Hujan56.jpg
(Sufri Yuliardi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memasuki awal pekan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau, Senin 27 November 2023.

Forecaster on Duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Anggun mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Anggun

Ia menjelaskan, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi dan juga Indragiri Hulu.

Disusul, siang hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan juga Kabupaten Bengkalis.


Sedangkan, sore hingga malam hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kampar, Rokan Hulu, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Kuantan Singingi dan Kabupaten Siak," ungkapnya.

Lanjut Anggun, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Pelalawan, Bengkalis, Siak dan Kota Pekanbaru pada sore, malam atau dini hari," jelasnya.

Sementara, suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0–32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat – Utara dengan kecepatan 10–30 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 meter.