71 Kejadian Kebakaran di Pekanbaru hingga September, 39,9 Ha Lahan Terbakar

Karhutla-di-Pekanbaru2.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mencatat ada 71 kejadian kebakaran dari Januari hingga September 2023. Luas lahan yang terbakar di Kota Pekanbaru sampai saat ini mencapai 39,9 hektare. 

"Total ada 71 kejadian kebakaran lahan yang sudah kita tangani bersama pihak terkait," ulas Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Rabu 27 September 2023.

Lebih lanjut ia memaparkan, kebakaran lahan paling banyak terjadi di Kecamatan Bina Widya. Ada sebelas kejadian kebakaran lahan yang membuat 6,3 hektar lahan terbakar.

Tim BPBD Kota Pekanbaru langsung berupaya melakukan pemadaman terhadap lahan yang terbakar bersama instansi terkait. Proses pemadaman dibantu para personel TNI, Polri dan Manggala Agni. 

Saat ini juga sudah ada Masyarakat Peduli Api Bertuah di wilayah rawan kebakaran lahan. Zarman menyebut para relawan ini juga membantu upaya deteksi dini terhadap kebakaran lahan.


"Ini langkah antisipasi kita terhadap potensi rawan kebakaran lahan, agar tidak meluas," paparnya.

Pihaknya saat ini melakukan langkah antisipasi dengan mengimbau masyarakat jangan sampai membuka lahan dengan cara membakar. Tim BPBD Kota Pekanbaru bersama aparat gabungan juga melakukan patroli.

Mereka mencegah terjadinya kebakaran lahan serta memantau titik rawan kebakaran lahan. Masyarakat yang hendak membakar lahan langsung mendapat peringatan dari tim yang patroli.

"Selain patroli, kita ingatkan masyarakat agar tidak membakar saat hendak membuka lahan," tutupnya.