2 Kali Tahanan Kabur dalam Sebulan, DPRD Pekanbaru Dorong Renovasi Bangunan Penjara

Wakil-Ketua-DPRD-Kota-Pekanbaru-Nofrizal1.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satu bulan terakhir, tahanan pidana berhasil melarikan diri dari Polsek Rumbai dan Polsek Tenayan Raya. Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Nofrizal, mengatakan kemungkinan ruang tahanan yang sudah tua tidak lagi representatif untuk digunakan.

"Mungkin bangunan penjaranya sudah tua, kan sudah lama berdirinya dan belum ada renovasi. Sehingga tidak representatif," ujarnya.

Terkait tahanan kabur, menurutnya, bukan ranah DPRD Kota Pekanbaru untuk memberikan komentar. Namun, pihaknya mendorong kepolisian agar melakukan renovasi terhadap ruang tahanan.

"Perlu adanya pembenahan, karena persoalan keamanan itu urusan mutlak, maka memang perlu ada pembenahan kantor-kantor Polsek di Pekanbaru. Bisa melalui hibah dari Pemko, sebagai bentuk partisipasi jalinan kerjasama antar Pemko dengan organisasi vertikal, yakni kepolisian. Kalau ditunggu anggaran kepolisian rasanya tak cukup, maka kita dorong Pemko untuk bantu," jelasnya.


Nofrizal juga meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir terkait tahanan yang sampai saat ini belum tertangkap.

"Tahanan itukan melarikan diri dan pasti akan dikejar. Jadi mereka pasti sembunyi, tidak keluar. Maka masyarakat tidak perlu khawatir," pungkasnya.