Riau Membara Lagi, 7 Kabupaten Dikepung 77 Titik Panas

Ilustrasi-titik-panas1.jpg
(Dok. BMKG)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Titik api atau hotspot di Pulau Sumatera mengalami peningkatan pada Jumat, 15 September 2023, pagi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 934 titik panas mengelilingi Sumatera.

"Tersebar paling banyak di Sumatera Selatan 549 titik. Kemudian Jambi 128 titik dan Bangka Belitung 87 titik," ujar Prakirawan BMKG, Anggun.

Titik panas di Provinsi Riau bahkan terpantau naik drastis hingga 77 titik. Titik panas terbanyak ditemukan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil).


"Hotspot Riau paling banyak di Kabupaten Indragiri Hulu 36 titik dan Indragiri Hilir 22 titik. Kemudian Kampar tiga titik, Kuantan Singingi enam titik, Pelalawan empat titik, Rokan Hilir satu titik, dan Rokan Hulu lima titik," jelasnya.

Sebelumnya, pada Kamis 14 September 2023, pagi, titik panas Riau terdeteksi hanya 23 titik, paling banyak di Kabupaten Inhu dengan delapan titik. Kemudian di Kuantan Singingi enam titik, Bengkalis tiga titik, Kepulauan Meranti satu titik, Kampar satu titik, Pelalawan satu titik, Rokan Hilir satu titik dan Rokan Hulu dua titik.