3 JPO di Pekanbaru Tak Terurus, Warga: Yang Lewat Bisa Jatuh

Kondisi-jpo-di-pekanbaru1.jpg
(Septri Windiyana Putri/MG Riau Online)

LAPORAN: SEPTRI WINDYANA PUTRI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kondisi sejumlah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kota Pekanbaru sudah memprihatinkan. Banyak bagian JPO yang keropos sehingga bisa membahayakan pengguna jalan maupun pengguna JPO.

Sebagian besar JPO sudah berkarat hingga bagian penutup atas sudah terlepas. Ada beberapa bagian lantai sudah keropos sehingga berlubang. Namun proses perbaikan belum kunjung dilakukan hingga kini.

Pantauan Riau Online, Jumat, 4 Juni 2023, setidaknya terdapat tiga jembatan penyeberangan di Pekanbaru yang kurang terawat. Kondisi ini dikeluhkan oleh warga yang melintas.

Seperti JPO di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bukit Raya, tepatnya di depan Majelis Ulama Provinsi Riau. Terlihat lantai jembatan sudah tidak rata, keropos dan berlubang. Kondisi ini membuat pengguna JPO merasa kurang nyaman dan harus berhati-hati saat melewatinya.

Yuni, seorang warga yang melintas di jembatan ini mengatakan bahwa jembatan tersebut sudah lama tidak terawat. Dirinya mengaku sering was-was dan takut saat melintasi jembatan tersebut.


"Sudah pasti takutlah, cuma kalau tidak lewat sini mau lewat mana lagi. Mau tidak mau pandai pandai cari jalan untuk menghindari lantainya yang berlubang dan tidak rata ini. Mau lewat di bawah juga kendaraannya banyak berlalu lalang jadi risikonya sama aja," ucap Yuni.

Kondisi yang sama juga terjadi di JPO Jalan Jenderal Sudirman, Sukaramai, tepatnya di samping BNI Sukaramai. 

Rafi, seorang warga yang melintasi di jembatan ini mengaku merasa prihatin dan khawatir dengan keselamatan para pengguna jembatan.

"Kalau untuk insiden setahu saya belum ada. Cuma kemarin sempat ada ibu-ibu nanya ke saya aman atau tidak lewat di sini. Terus saya yakinkan dia bahwa itu aman dan saat ibunya sampai di atas jembatan, ibunya gemetar dan bilang tidak berani lewat sini lagi. Kan kasian kalau mau lewat aja warga merasa tidak aman," jelasnya.

Pantauan Riau Online, kondisi yang paling parah adalah JPO di Jalan Tuanku Tambusai, Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai. Terlihat besi jembatan sangat berkarat, lantai jembatan keropos, dan tiang berlubang. Mirisnya lagi, banyak sampah menumpuk di JPO tersebut.

"Sekitar tahun 2019 kondisi jembatannya udah begini dan sampai sekarang saya belum menemukan jembatan ini dengan kondisi benar-benar bagus," kata Andri saat ditemui Riau Online.

Berada di jalur padat kendaraan, ia berharap jembatan yang ada di beberapa titik segera diperbaiki. Karena dikhawatirkan membahayakan warga yang melintas.

"Pemeliharaan fasilitas kota lebih diutamakan apalagi orang-orang pengguna transportasi umum seperti saya sangat membutuhkan fasilitas seperti ini. Karena JPO itu kan untuk meminimalisir kecelakaan tapi jika kondisinya saja begini takutnya orang-orang yang lewat bisa saja nanti jatuh dari jembatan. Karena kondisi seperti ini dan berada di pusat kota apa tidak malu?" kata Andri.