Seleksi Magang IM di Jepang Dibuka, Pemprov Riau Target 50 Peserta Lolos

Peserta-seleksi-IM-Japan.jpg
(Junichi Sitinjak/MG RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pendaftaran magang di Jepang lewat International Manpower Development Organization, Japan (IM Japan) 2023 telah dibuka. Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Riau menyebut 150 orang peserta telah mendaftar, namun hanya 110 orang yang terseleksi.

"40 peserta IM lainnya gugur sistem. Dari 110 kami targetkan 50 peserta bisa lolos magang IM di Jepang," harapnya.

Imron mengatakan pada 2022 lalu ada 13 orang yang lulus seleksi dari 150 orang peserta yang mendaftar. Mereka yang dinyatakan lulus akan mendapatkan kontrak magang selama tiga tahun.

"Minimal magang tiga tahun. Akan lebih bagus sampai 5 tahun. Akan lebih bagus lagi kalau mereka itu bisa jadi pekerja tetap," ujarnya.

Seleksi IM Japan tahun ini digelar pada 31 Juli sampai 2 Agustus 2023 mendatang. Sejumlah seleksi akan diikuti peserta, mulai dari tes fisik, tes matematika, psikotes, dan lainnya sesuai minat peserta.


Imron menjelaskan, peserta yang lolos seleksi akan mengikuti persiapan bahasa di Kantor Perwakilan IM Jepang di Bekasi. Lanjutnya, Pemprov Riau ikut membantu dalam penyiapan sampai lulus seleksi. 

“Kita hanya penyiapan sampai lulus aja. Setelah seleksi kita bantu visa, bantu MCU, sampai kemudian paspor. Lalu kita antar mereka ke Jakarta. Sampai di Jakarta sudah urusan IM Jepang. Pemberangkatan ke Jepang nya, uang saku juga urusan IM Jepang,” jelasnya.

Kadisnakertrans Riau juga berharap agar peserta magang Jepang mendapatkan peluang yang lebih bagus setelah magang kerja selama 3 tahun seperti menguasai bahasa Jepang, soft skill, dan hard skill bidang minat.

“Contohnya mereka langsung ditempatkan di perusahaan-perusahaan. Contoh perusahaannya kemarin ada perusahaan membuat komponen otomotif dan alat berat. Jadi anak kita itu ditempatkan di situ," terangnya.