Bukannya Melindungi, 3 Oknum Polisi di Riau Ini Bikin Masalah dengan Warga

Ilustrasi-Polisi2.jpg
(Foto: Aprilandika Hendra/kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, menegaskan kepada jajarannya untuk menjadi pelindung, pelayan, dan pengayom bagi masyarakat. Hal ini kerap disampaikan jenderal bintang dua ini di sela-sela kunjungan di setiap daerah dan dalam berbagai kegiatan.

Tapi nyatanya, masih ada saja oknum polisi di Riau yang seakan bermusuhan dengan masyarakat. Di antaranya bahkan bersitegang dengan warga hanya karena perkara sepele.

Berdasarkan catatan RIAU ONLINE, ada tiga kasus oknum polisi yang bermasalah dengan warga. 

1. Oknum Brimob Ribut di SPBU Inhu

Berawal dari ulah istri oknum polisi di Indragiri Hulu (Inhu) yang diduga menerobos antrean saat pengisian BBM di SPBU, Senin, 10 Juli 2023. Warga kesal kemudian terlibat cekcok dengan istri polisi yang mengemudikan mobil Pajero hitam tersebut. 

Wanita tersebut kemudian menelepon sang suami yang merupakan anggota Brimob untuk datang ke SPBU tersebut.

Dalam video berdurasi 1 menit 25 detik yang viral di media sosial, tampak sang suami datang ke SPBU menggunakan pakaian dinas dan mengajak perekam video ke pinggir SPBU. Terungkap bahwa oknum Brimob tersebut adalah Brigpol Doddy AL.

Atas insiden tersebut, Komandan Satuan Brigade Mobil (Dansat Brimob) Polda Riau, Kombes Pol Ronny Lumban Gaol akhirnya angkat bicara. 

Menurut Kombes Ronny, kejadian tersebut hanya salah paham terkait antrean saat pengisian BBM di SPBU.

"Hanya salah paham saja terkait pengisian BBM di SPBU. Dihari yang sama, Senin, 10 Juli 2023 mereka sudah berdamai," ujar Kombes Ronny kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 11 Juli 2023.

Kombes Ronny mengatakan pihaknya sudah menyerahkan kasus ini ke Bid Propam Polda Riau dan sedang dalam pemeriksaan.

"Anggota sedang diperiksa, kalau cukup bukti melakukan pelanggaran akan kita sidang disiplin," tegas Dansat Brimob Polda Riau.


Baca Selengkapnya: Viral di Media Sosial, Istri Brimob Serobot Antrean Pengisian BBM di Inhu

2. Oknum Polisi Berkata Kasar ke Warga

Hanya berselang sehari, oknum polisi di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terlibat cekcok dengan warga pada Selasa, 11 Juli 2023. Menurut video yang beredar di media sosia, oknum polisi tersebut tampak berkata kasar kepada warga.

Tampak seorang pria berpakaian kaos merah bertulisan “Polisi” menghampiri sejumlah warga di pinggir jalan. Saat itu, ia melontarkan kata-kata kasar kepada warga.

Atas insiden tersebut, Kapolres Rohul, AKBP Budi Setiyono mengatakan saat ini oknum tersebut sedang dimintai keterangan. 

"Anggota sudah dimintai keterangan dan sedang di Proses di Propam," ujar AKBP Budi kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 12 Juli 2023.

Lebih lanjut, AKBP Budi mengatakan oknum tersebut berdinas di Polsek Rambah Hilir. 

"Oknum tersebut bertugas di Polsek Rambah Hilir. Untuk apa permasalahannya sedang dimintai keterangan," tegas Budi. 

Selengkapnya: Viral, Oknum Diduga Polisi Maki-Maki Warga di Rohul

3. Oknum Bhabinkamtibmas di Rohil Timbun BBM

Pj Penghulu Balam Jaya, Ny Sitanggang di dampingi aparat desa memviralkan bisnis penimbunan BBM yang diduga milik seorang oknum bhabinkamtibmas. 

Dalam unggahan itu, Pj Penghulu Sitanggang menceritakan sambil memvideokan beberapa puluhan drum ,mobil truk dan mobil pick up berada di samping rumah oknum bhabinkamtibmas di samping kediamannya. 

Atas ulah oknum Bhabinkamtibmas, Aipda RM tersebut, Kapolres Rohil, AKBP Andrian Pramudianto akhirnya meminta maaf atas kegaduhan Oknum Bhabinkamtibmas tersebut. 

"Saya minta maaf kepada masyarakat atas kegaduhan yang ditimbulkan oknum Bhabinkamtibmas dengan melakukan penimbunan BBM disamping kediamannya," ujar AKBP Andrian, Minggu, 23 Juli 2023.

AKBP Andrian juga mengatakan atas kejadian ini, pihaknya telah mengamankan 48 unit drum, baby tank 4 buah, 19 buah jerigen. Kapolres juga sudah memeriksa oknum bhabinkamtibmas tersebut.

"Untuk oknum sudah kami amankan dan sudah dilakukan pemeriksaan oleh Propam Polres Rokan Hilir. Apabila ada pelanggaran pasti akan kami tindak tegas, " tutup Andrian. 

Selengkapnya: Oknum Bhabinkamtibmas Timbun BBM di Rokan Hilir, Kapolres Minta Maaf