Di Ranah Minang, Gubernur Sumbar Puji Setinggi Langit Syamsuar Memimpin Riau

Gubri-dengan-Gubernur-Sumbar.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, melakukan kunjungan kerja di Sumatera Barat (Sumbar) pada Ahad, 18 Juni 2023 hingga Senin, 19 Juni 2023.

Di hari pertama di Ranah Minang, Syamsuar yang berkunjung ke kediaman Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi. Syamsuar mendapat pujian atas kepemimpinannya di Riau.

Saat menjamu, Mahyeldi menyebut Riau di bawah pimpinan Syamsuar banyak mengalami kemajuan dan perubahan.

"Itu terlihat pada pertumbuhan ekonomi Riau termasuk yang tinggi di Indonesia," sebutnya.

Pria yang akrab disapa Buya itu menyebut investasi Riau pun berkembang pesat. Riau salah satu tujuan investasi di Indonesia.

Target investasi di Riau tiap tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Tahun 2022 misalnya, target investasi yang ditetapkan sekira Rp 60 triliun. Tahun 2023 naik drastis jadi Rp100 triliun. 

"Itu kan luar biasa," sebut Buya.


Investasi yang naik itu memberikan supplier effect bagi masyarakat Riau. Ke depan jika pembangunan infrastruktur jalan tol Pekanbaru-Padang telah siap, semakin memberikan dampak positif. Tak hanya itu kontribusi para perantau Minang juga memberikan pengaruh pada kampung halaman. 

Menurut Buya, pada 2022 lalu para perantau di Riau membawa pendapatan hingga Rp 3 triliun ke Ranah Minang.

"Tentu saja ini memberikan dampak ekonomi yang baik bagi Sumbar," ucapnya.

Menanggapi hal ini, Syamsuar mengatakan bahwa Riau juga banyak mendapatkan bantuan dari Sumatera Barat, seperti beras.

Ia menyebut komoditas pertanian seperti sawit mendukung perekonomian di Bumi Lancang Kuning. Ekonomi masyarakat akan semakin baik, jika harga sawit tinggi.

"Jika ekonomi masyarakat Riau baik, maka tentu akan banyak orang Riau yang melakukan perjalanan wisata ke Sumbar," terangnya.

Di hari kunjungan kerja kedua, mantan Bupati Siak itu diundang untuk menghadiri Wisuda Periode 131 Universitas Negeri Padang. Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri menyampaikan apresiasi atas visi Gubernur Riau Syamsuar dalam memajukan dunia pendidikan di Riau.

"Khusus kepada masyarakat Minang yang ada di Riau, kemudian ada kolega dunsanak kita di Riau dengan kehadiran Pak Gubernur Riau hari ini mudah-mudahan ya beliau kita doakan sukses memimpin Provinsi Riau," ujarnya.

Ganefri menambahkan, mahasiswa Riau yang studi di UNP sekitar 2980-an. Serta alumni UNP di Riau juga sangat banyak, terutama yang mengabdikan diri sebagai tenaga pendidik dan pendidikan di Riau.