Ajak Jaga Kerukunan Beragama, PJ Wali Kota Pekanbaru Lepas Pawai Waisak Bersama

Muflihun-lepas-pawai-waisak.jpg
(HASLINDA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, melepas Pawai Waisak Bersama Umat Budha di Jalan Karet, Pekanbaru, Sabtu 3 Juni 2023. 

Dalam sambutannya, Muflihin mengajak umat Buddha dan seluruh masyarakat Pekanbaru saling menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Hari ini Pemko diundang dalam rangka acara perayaan hari besar dari umat Budha yaitu pelepasan pawai di Jalan Karet. Kita dari Pemko Pekanbaru memberikan apresiasi kepada umat Budha yang mana hari ini menyelenggarakan pawai dengan ramai," ujar Muflihun. 

Muflihun menyebut dengan saling menjaga kerukunan dan toleransi beragama bisa mempercepat perkembangan pertumbuhan Pekanbaru ke arah yang lebih baik.

"Saat ini kita Indonesia punya banyak Agama yang diyakini yaitu ada Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu kita support semua. Karena memang konsep NKRI dari sabang sampai merauke dengan beragam agama. Kerukunan antar umat beragama ini harus kita wujudkan dan kita jaga bersama," jelasnya.


Sekretaris Direktorat Jenderal Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Triroso,mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka menyongsong Waisak dengan mengadakan pawai bersama.

"Ini adalah sebuah wujud dari kerukunan umat beragama di Pekanbaru ini yang telah ditunjukkan dari berbagai organisasi keagamaan Budha dan organisasi lainnya yang ikut bergabung," tuturnya.

Ia berharap kerukunan tetap terjaga hingga dapat mendukung kesatuan dan persatuan khususnya di kota Pekanbaru dan harapannya kegiatan seperti ini dapat terlaksana di tahun berikutnya.

"Tadi kita lihat berbagai budaya dan berbagai tradisi hadir, itu menunjukkan bahwa kita Pekanbaru sangat menjunjung tinggi keberagaman, perbedaan dan tentu juga menjunjung tinggi kerukunan umat beragama," tukasnya.

Ketua Panitia Pawai Waisak Bersama, Herman Surya menambahkan kegiatan kali ini diikuti oleh 40 kontingen dari berbagai organisasi dengan total peserta lebih dari 2.000 orang.

"Kita lihat tadi sangat tinggi antusias yang ikut dalam pawai. Semoga tahun depan kegiatan seperti ini bisa kita laksanakan kembali," tandasnya.