Lagi, Pasar Cik Puan Terbakar, 400 Kios Hangus Dilalap Api

Kebakaran-Pasar-Cik-Puan4.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kebakaran kembali melanda pasar Cik Puan, Minggu 19 Februari 2023. Api mulai berkobar sejak pukul 16.00 di pasar yang dibangun pada tahun 1970 ini.

Informasi sementara ada sekitar 400 toko maupun kios yang hangus terbakar. Ada di antaranya sejumlah toko emas, pakaian, sembako, kios daging dan barang harian.

 

"Total kios ada 800, yang terbakar sekitar 400 kios," papar, Asisten II Bidang Perekonomian Pemko Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut di lokasi kebakaran.

 

Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru mengerahkan 10 unit mobil pemadam untuk memadamkan kobaran api di Pasar Cik Puan, Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru.

 


"Mobil pemadam kita kerahkan ada 10 unit. Kita mendapat info pertama sekitar pukul 16.30 WIB," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Burhan Gurning.

 

Lokasi kebakaran sendiri berjarak sekitar 100 meter dari halaman pasar di Jalan Tuanku Tambusai itu. Dulunya pasar ini juga merupakan terminal bus di Kota Pekanbaru.

 

Sementara itu pedagang berupaya melakukan penyelamatan barang dagangannya. Sedangkan ribuan masyarakat ikut menyaksikan kebakaran tersebut sehingga menimbulkan kemacetan.

 

Akibatnya pihak kepolisian kepolisian sudah melakukan penutupan jalan sekitar 500 meter dari lokasi kebakaran pada sisi jalan menuju Jalan Sudirman.

 

Pasar yang merupakan pasar kelas A dengan luas sekitar 7.965 m2 ini juga dikenal dengan nama pasar loket, karena dulunya terdapat terminal bus disini.

 

Peristiwa Pasar Cik Puan terbakar bukan kali pertama. Tercatat lebih dari tiga kali pasar pasar tradisional tertua di Kota Pekanbaru ini pernah terbakar. Kebakaran pernah terjadi pada tahun 2015, 2011 dan 2009.