Pekerja PT SDO Terpeleset dari Ketinggian, Disnaker: Sudah Aktif Bekerja

Ilustrasi-kecelakaan-kerja.jpg
((Shutterstock))

RIAU ONLINE - Seorang pekerja di area Apical Dumai PT Sari Dumai Oleo (PT SDO) mengalami kecelakaan kerja. Korban berinisial NI terpeleset dari ketinggian pada Senin, 30 Januari 2023.

Kabid Pengawas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Rival Lino, membenarkan insiden kecelakaan kerja tersebut. Rival Lino menjelaskan korban terpeleset dari ketinggian sekitar 55 cm.

"Korban mengalami pergeseran tulang di bagian tangan kirinya," ungkapnya, Jumat, 17 Februari 2023.

Rival Lino menyebut insiden kecelakaan kerja tersebut murni unsafe action atau tindakan tidak aman. Sebab, menurutnya prosedur keamaan atau alat pelindung diri (APD) yang digunakan pekerja sudah memenuhi standar.

"Kejadian yang terjadi merupakan peristiwa unsafe action yang mungkin saja terjadi karena pekerja dalam keadaan kelelahan atau pun dalam keadaan yang kurang fit," jelasnya.


Sementara untuk penanganan korban selama di rumah sakit, kata dia sudah menggunakan BPJS Ketenagakerjaan milik korban.

"Saat ini, terhitung dari tanggal 7 Februari kemarin, korban sudah mulai aktif bekerja, untuk penempatan posisi, korban ditugaskan di bagian warehouse," kata dia.

Rival Lino berharap agar kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas pekerja saat bertugas di perusahaan induk maupun subkon.

"Terkadang pekerja kita sudah menggunakan dan menerapkan prosedur yang tepat dalam bekerja, namun karena kondisi mungkin kesehatan kurang baik maka hal-hal yang tidak kita inginkan bisa saja terjadi," tutupnya.