Kunjungi Pasar Bawah Pekanbaru, Jokowi Tinjau Dampak Penghentian PPKM

Jokowi-di-pekanbaru8.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Presiden RI, Joko Widodo mendatangi Pasar Bawah, Kota Pekanbaru, Rabu 4 Januari 2023. Ia datang bersama sejumlah menteri untuk melihat langsung aktivitas perdagangan di pasar wisata itu.

 

Jokowi ditemani Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun meninjau langsung kondisi Pasar Bawah pasca penghentian PPKM pada pekan kemarin. Adanya pemberhentian PPKM ini diharapkan bisa membuat aktivitas para pedagang kembali bergeliat.

 

"Beliau (Presiden Jokowi) ingin memastikan kondisi real di pasar, pasca pencabutan PPKM beberapa hari lalu," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin.

 

Ia menyebut, presiden sempat melakukan kunjungan ke sejumlah pasar di beberapa daerah di Indonesia. Sedangkan hari ini Jokowi datang langsung ke Kota Pekanbaru melihat kondisi di Pasar Bawah.

 


Kondisi perekonomian di beberapa daerah mulai berangsur baik. Walau demikian jumlah pedagang di Pasar Bawah mengalami pengurangan saat ini.

 

Zulhelmi mengatakan bahwa pada awalnya ada 540 pedagang yang berjualan di Pasar Bawah. Ia menyebut jumlah pedagang berkurang hingga 200 orang akibat pandemi Covid-19.

 

"Sekarang sudah hampir 300, sudah mulai ada kenaikan," paparnya.

 

Mantan Kepala Bapenda Kota Pekanbaru ini berharap Pasar Bawah sebagai ikon wisata Kota Pekanbaru kembali ramai. Ada rencana beberapa fasilitas akan diperbaiki agar pengunjung dan pedagang lebih nyaman berada di pasar itu.