Rampung Dibangun, Syamsuar Resmikan Jalan PT SIR di Siak

Syamsuar615.jpg
(TIKA AYU/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, meresmikan ruas Jalan Simpang Pramuka dengan batas Kabupaten Siak atau dikenal sebagai Jalan PT SIR. Jalan sepanjang sepanjang 25,59 km itu diresmikan pada Rabu, 28 Desember 2022.

"Hari ini kami lakukan peresmian jalan PT. SIR, kalau orang Siak sebut itu. Ini sudah lama diharapkan masyarakat Siak," ungkap Syamsuar saat ditemui usai peresmian.

Syamsuar menyebut pembangunan jalan yang menghubungkan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak ini sangat berdampak bagi masyarakat, terutama untuk mendukung sektor pariwisata di Siak.

"Apalagi Siak ini merupakan daerah pariwisata, jadi harus di support dengan jalan yang baik begitu," tuturnya.

Pembangunan Jalan Simpang Pramuka dan batas Kabupaten Siak ini menggelontorkan dana hingga Rp 140 miliar dari Anggaran Perencanaan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 hingga 2022.

Syamsuar berharap semua pihak dapat mempertahankan dan mengawasi penggunaan jalan dari kendaraan yang tidak sesuai dengan kapasitas.

"Karena kita tahu saat ini banyak kecelakaan jalan akibat tonase di luar batas kewajaran," terangnya.

Ia pun meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Siak dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk mengawasi penggunaan jalan baru ini. Pasalnya, kecelakaan kerap terjadi akibat kendaraan bertonase di luar batas kewajaran.

"Sudah ditindak, odol pun sudah banyak dipotong, tapi ya begitu saja terus menerus," tukas Syamsuar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kadis PUPR PKPP Riau, M. Arief Setiawan, mengatakan menjaga jalan dari kendaraan dengan muatan lebih dilakukan agar jalan dapat berumur panjang.

"Jalan ini dapat berfungsi secara optimal dan maksimal, sehingga dapat mengurangi biaya pemeliharaan di ruas jalan yang ada di Provinsi Riau," terangnya.