Incumbent Dicalonkan Lagi, PKS Kedatangan Wajah Baru untuk Legislatif

Bendahara-DPW-PKS-Riau-Markarius-Anwar.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bendahara DPW PKS Riau, Markarius Anwar, menyampaikan saat ini pihaknya telah merampungkan proses kandidat untuk maju ke DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang.

Markarius mengatakan nama-nama kandidat sudah sampai ke DPP PKS, hanya tinggal menunggu pernyataan resmi dalam bentuk Surat Keterangan (SK).

"Jadi memang kebijakan partai untuk incumbent tetap semua dicalonkan. Kemudian banyak wajah baru dibandingkan dengan calon anggota DPR RI sebelumnya," ujarnya di Kantor DPW PKS Riau, Kamis, 3 November 2022.

Ia menjabarkan banyak orang baru yang mencalonkan diri baik di Dapil Riau 1 lagi Riau 2.  

"Banyak juga tokoh-tokoh yang bergabung dan berjuang dengan PKS yang ketika maju nanti tentu menjadi anggota PKS," ujarnya.


Sementara untuk calon legislatif di daerah, Markarius menjelaskan untuk tingkat provinsi sedang dalam penjaringan.

"Jadi kami ada penjaringan di awal, semua masuk dari kabupaten hingga ke provinsi. Secara bertahap pencalonannya diseleksi lagi kapasitasnya baik elektabilitas, kualitas intelektual, dan kemampuan ekonomi, dan lainnya, baru nanti dikerucutkan lagi. Terakhir baru kami kirimkan ke DPP," ujarnya. 

Ketua Komisi III DPRD Riau itu menyampaikan, pihaknya saat ini sedang tahap evaluasi terakhir untuk tingkat kabupaten/kota.

"Kami mengundang DPD di daerah masing-masing. Ini rancangan kami, kalau nanti ada yang mengundurkan diri, ada sakit, maka akan ada pergantian yang sudah kami siapkan," tutur Markarius.

Saat ditanya target kursi legislatif dalam Pemilu 2024 mendatang, Markarius menyerahkan jawaban ke Ketua Umum DPW PKS Riau, Ahmad Tarmizi, tak ingin menyebutkan angka.

"Target PKS, kali dua sajalah. Namanya juga target, paling tidak tetap jumlahnya," singkatnya.