Bio Security Hewan Ternak Upaya Preventif Pencegahan PMK

Rapat-Evaluasi-PMK.jpg
(Tika Ayu/Riauonline)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kasi Kelembagaan Sumber Daya Kesehatan Hewan dan Pengawasan Obat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, drh Revalita Budhiani menyampaikan bio security jadi hal penting dalam pencegahan penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak, Senin, 17 Oktober 2022.

 

"Bio security ini soal bagaiaman ternak aman dari kemungkinan penularan PMK yang dibawa agen Pembawa termasuk manusia sebagai pembawa bibit penyakit," ujar Revalita

 

Lanjut Revalita, adapun manusia di sini mengalami kontak kontaminasi dengan virus PMK yang menempel. Maka kata Revalita dalam bio security harus ada penetapan desinfektasis. 

 

"Pergantian baju, tidak menggunakan alat sarana dan prasaran yamg sama dengan kandang yang lain seperti gerobak," pungkasnya. 

 

Lanjut Revalita, ada pula check point di daerah perbatas Provinsi Riau dengan Provinsi Lainnya. Seperti di Rokan Hilir (Rohil) dengan Sumatera Utara (Sumut), Rokan Hulu (Rohul) dengan Sumut, Kampar dengan Sumatera Barat (Sumbar) dan beberapa titik masuk ke Provinsi Riau. Namun masalah yang ditemukan di lapangan, kata Revalita, jalur masuk Provinsi Riau bukan hanya melalui jalan lintas tapi ada jalur tikus lainnya. 


 

"Jalan masuk ke provinsi Riau bukan hanya darj jalan lintas jadi bisa masuk dari jalan mana saja,"ujarnya. 

 

Walaupun demikian kondisi check point, Revalita meneruskan pesan kalau yang penting bio securitynya dilakukan dengan benar, sehingga penyebaran PMK tidak dapat terjadi.  

 

 

 

Di lain sisi Deputi Optimasi Jaringan Logistik dan Peralatan (OJLP) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Zaherman Muabezi, mengungkapkan Riau sebagai daerah penerima pasokan hewan ternak harus lebih perhatikan keterangan kesehatan hewan ternak yang masuk, bahkan Zaherman merekomendasikan untuk pengecekan berulang pada hewan ternak.

 

"Jika dari hasil testing dia (hewan ternak, red) keluar sehat baru dia bisa masuk. Juga dari lalu lintas dan orang yang bersentuhan dengan hewan ternak ini juga harus dapat perhatian sungguh-sungguh," ungkapnya.