Tingkatkan Pengetahuan Pimpin Pertandingan, Perbasi Riau Gelar Pelatihan Wasit se-Riau

Perbasi-riau-gelar-pelatihan-wasit.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Pengurus Provinsi (Pengprov) Riau menggelar pelatihan wasit untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja wasit saat bertugas di lapangan. 

Kegiatan pelatihan diadakan di SMP Santa Maria, Pekanbaru, Jalan Letjend. S, Kota Pekanbaru. Sebanyak 26 orang wasit yang ada di Provinsi Riau ikut serta dalam pelatihan ini. 

Ketua Umum Perbasi Pengprov Riau, Riko Adinata, mengatakan kegiatan training camp bagi wasit berlisensi C dan B2 ini untuk meningkatkan pemahaman mengenai peraturan terbaru dari FIBA tahun 2022. 

“Kegiatannya penataran wasit untuk lisensi C dan B2 diadakan oleh Perbasi Riau. Tujuannya untuk mengaktifkan kembali lisensi wasit yang ada di Riau yang sudah mati dan menambah ilmu tentang peraturan terbaru dari FIBA,” sebutnya, Kamis, 13 Oktober 2022. 


Riko menyebut, kegiatan pelatihan akan berlangsung selama empat hari kedepan. 

“Peserta se-Riau dan ada dua peserta dari Papua. Kita apresiasi karena minat pelatihan ini melebihi target yang telah kita tetapkan,” lanjutnya.

Sementara itu, pemateri pelatihan wasit, Rendra Lesmana, yang merupakan wasit aktif berlisensi internasional mengungkapkan, materi yang diberikan akan membahas mengenai peraturan bola basket dan dasar ilmu perwasitan.

“Kita akan membahas mengenai peraturan bola basket dan dasar ilmu perwasitan baik dari pergerakkan wasit, baik itu dari persiapan wasit sebelum pertandingan dan saat pertandingan,” kata Rendra.

Rendra berharap, dengan digelarnya kegiatan pelatihan ini akan menambah pengetahuan wasit di Riau dalam memimpin pertandingan bola basket secara langsung.

“Diharapkan peserta bisa mengaplikasikan dalam memimpin pertandingan secara langsung. Jadi para peserta memiliki bekal dalam memimpin pertandingan,” tutupnya.