Usai Evaluasi Pejabat, Muflihun Segera Lakukan Pelantikan

Muflihun32.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, mengisyaratkan bakal menggelar pelantikan untuk sejumlah pejabat. Sebanyak 22 pejabat telah menjalani evaluasi pada September 2022 lalu.

Tim panitia seleksi dalam evaluasi Pejabat Tinggi Pratama (PTP) sudah menyerahkan hasil evaluasi terhadap puluhan pejabat. Ia mengaku sedang berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Namun proseduralnya, kita bersurat dengan KASN untuk izin pelantikan, kita tunggu hasilnya apa," jelasnya, Rabu 12 Oktober 2022.

Dirinya mengaku masih menanti jawaban dari KASN terkait surat dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Ia menyebut bahwa proses evaluasi terhadap  pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru masih berlanjut.


Ada enam pejabat eselon II lagi yang bakal menjalani evaluasi. Pejabat tersebut di antaranya Asisten I, Asisten III dan Kepala BPKAD serta pejabat lainnya.

Muflihun menyebut, pelantikan pejabat berlangsung setelah tahapan evaluasi terhadap enam orang pejabat itu tuntas. 

"Sepakat pelantikannya sekaligus, kalau kita pecah-pecah hari ini 22 OPD, besok enam OPD, itu memutarnya susah," ulasnya.

Muflihun menegaskan bahwa dirinya tidak bakal melakukan intervensi terhadap hasil evaluasi. Apalagi evaluasi ini bukan untuk membuang pejabat atau non job pejabat.

Lanjutnya, tujuan evaluasi untuk meningkatkan kinerja pejabat agar lebih baik sehingga bisa tanggap terhadap permasalahan kota. Selain itu  juga untuk menentukan penempatan pejabat sesuai dengan kemampuannya.