Setiap Pekan, Dispusip Pekanbaru Sediakan Lapak Baca di Area CFD

Lapak-Baca-CFD.jpg
(Istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru bisa menikmati baca buku di area Car Free Day (CFD). Mereka bisa bersantai membaca buku usai aktivitas olahraga di pagi hari.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru menghadirkan mobil Perpustakaan Keliling (Pusteling) seiring berlangsungnya kegiatan CFD.

Tersedia beragam jenis buku bacaan di mobil Pusteling. Masyarakat bisa membaca berbagai koleksi buku yang dikelola Perpustakaan Tenas Effendy ini secara gratis.

Maulidya, warga Kelurahan Tangkerang Utara, Kota Pekanbaru mengaku gembira dengan adanya Pusteling. Dengan adanya Pusteling, Ia mengaku bisa bersantai sembari membaca buku.

"Asyik sih, siap olahraga bisa santai baca buku di ruang terbuka. Ada banyak pula pilihan bukunya,"


Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Nelfiyonna, mengatakan pusteling hadir dengan tujuan mengajak masyarakat, khususnya anak-anak untuk gemar membaca.

"Jadi masyarakat, khususnya anak-anak kita punya semangat untuk membaca buku," tuturnya, Minggu 17 Juli 2022.

Mobil Pusteling dijadwalkan hadir di area CFD setiap pekan. Sementara pada hari biasa, pusteling akan hadir di sekolah maupun ruang publik.

"Ini sebagai upaya Pemerintah Kota Pekanbaru untuk mensosialisasikan pentingnya banyak membaca guna menambah ilmu pengetahuan serta wawasan," tambahnya.

Selain membaca buku, masyarakat juga diajak bernostalgia lewat foto-foto Pekanbaru tempo dulu. Kegiatan pameran ini dilakukan sebagai wadah penyampaian informasi akan pentingnya arsip kepada publik.

"Jika ingin melihat lebih banyak koleksi buku maupun galeri arsip kita, silakan datang berkunjung ke Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru di Jalan Dr. Sutomo," paparnya.