Harga Cabai Meroket Jelang Idul Adha, Dapot Sinaga Minta Disperindag "Bekerja"

harga-cabai.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru Dapot Sinaga mengatakan, pihaknya meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru bisa bergerak cepat  menstabilkan harga cabai dan komoditi lainnya yang mengalami kenaikan.

 

Hal ini agar masyarakat tidak semakin menjerit, apalagi menjelang lebaran idul adha ini.

 

"Jelang hari raya Idul Adha ini, kita harapkan Disperindag berusaha dengan keraslah agar bagaimana kenaikan harga di sejumlah komoditi bisa turun. Jujur saja, kasihan kita melihat masyarakat ini sudah menjerit," katanya.

 

 

Dapot menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan hearing atau Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Disperindag Kota Pekanbaru. 

 

Dari hearing tersebut, Dapot mengungkapkan, Disperindag mengatakan, penyebab kenaikan harga cabai dan komoditi lainnya ini dipicu karena faktor cuaca dan kenaikan harga pupuk.


 

"Pertama, masalah cuaca dan disatu sisi, harga pupuk ini naik. Tentu para petani ini mau tidak mau harus menaikkan hasil panennya. Yang kedua, hasil panen di berbagai daerah saat ini juga tidak maksimal," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Politisi PDI Perjuangan ini juga mengatakan, Komisi II DPRD Pekanbaru akan memanggil kembali Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang), Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan), dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TIPD) Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk membahas secara rinci persoalan kenaikan harga cabai dan komoditi lainnya.

"Jum'at ini kita akan memanggil lagi beberapa OPD untuk membahas masalah ini. Kita akan sinkronkan dulu pembicaraan masalah kenaikan harga ini. Setelah disinkronkan, mudah-mudahan kita tahu bagaimana kebutuhan bahan pokok dan sembako ini menjelang Hari Raya Idul Adha," pungkasnya.