Patah Tulang dan Asam Lambung, 2 CJH Asal Pekanbaru Batal ke Tanah Suci

Jemaah-Haji-Amerika-Serikat.jpg
(VOAINDONESIA/AP)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Pekanbaru yang berangkat pada tahun ini berjumlah 472 orang. Namun jumlahnya berkurang lantaran ada dua calon CJH yang batal berangkat.

Keduanya batal berangkat ke tanah suci karena alasan kesehatan yang tidak memungkinkan. Satu jemaah harus menjalani operasi akibat patah tulang sehingga harus menunda keberangkatan.

Sedangkan satu jemaah lagi mengalami asam lambung akut sehingga keluarga tidak mengizinkan untuk berangkat. "Ada 472 seharusnya berangkat, tapi karena dua jemaah kita dapat musibah," ujar Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Wahid.

Ia mengatakan bahwa kedua jemaah sebenarnya masuk dalam kloter 6 Batam. Jumlah jemaah pun berkurang dari sebelumnya.Awalnya ada 472 orang JCH asal Kota Pekanbaru bakal menunaikan ibadah haji.

Wahid menuturkan, yang siap untuk berangkat sebanyak 470 jemaah. Pihaknya sudah koordinasi dengan Kanwil Kementerian Agama Riau agar komunikasi dengan Kementerian Agama RI untuk mengisi posisi keduanya.


"Dapat dua orang ini diisi, baik dari jemaah Pekanbaru cadangan atau jemaah dari daerah lain," paparnya.

Dirinya menjelaskan bahwa jemaah asal Kota Pekanbaru terbagi dalam lima kloter. Kloter 5 Batam bakal berangkat ke tanah suci pada 19 Juni 2022. Kloter 6 Batam berangkat pada 21 Juni 2022.

 

Lalu Kloter 8 Batam berangkat pada 23 Juni 2022 dan Kloter 9 Batam berangkat  pada 24 Juni 2022. Terakhir Kloter 12 Batam berangkat pada 27 Juni 2022.

Jumlah jemaah terbanyak berangkat dari Kota Pekanbaru pada 21 Juni 2022 sebanyak 442 orang. Mereka nantinya masuk ke Asrama Haji Antara Provinsi Riau pada 20 Juni 2022